Senin, 27 Jan 2020
radarsolo
icon featured
Wonogiri

Ketebalan Aspal Kurang, TP4D Tegur Rekanan

30 Oktober 2019, 15: 09: 38 WIB | editor : Perdana

DIAWASI: Ketua Tim TP4D Kejari Wonogiri Amir Akbar (tengah) teliti hasil aspal hasil cordrill

DIAWASI: Ketua Tim TP4D Kejari Wonogiri Amir Akbar (tengah) teliti hasil aspal hasil cordrill

Share this      

WONOGIRI – Tim pengawal dan Pengaman Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D) Kejaksaan Negeri (Kejari) Wonogiri terus mengawasi sejumlah proyek peningkatan jalan. Hasilnya, ada perbedaan ketebalan dan lebar di sejumlah proyek.

Sejumlah pekerjaan peningkatan jalan yang di monitoring dan evaluasi (monev) yakni, Jatisari-Watangsono, Kecamatan Jatisrono dengan nilai proyek Rp 2,5 miliar; Karanglor-Bero, Kecamatan Manyaran Rp 7,7 miliar, Sukomangu-Nadi, Kecamatan Purwantoro Rp 6,1 miliar.

Berikutnya peningkatan Tanjungsari-Tengger, Kecamatan Jatisrono Rp 3 miliar; Gunungsari -Gondangsari, Kecamatan Jatisrono Rp 5,3 miliar.

"Dalam monitoring dan evaluasi dilakukan pengujian ketebalan dengan metode coredrill, sekaligus pengukuran lebar dan panjang jalan," kata Ketua Tim TP4D Kejari Wonogiri Amir Akbar mewakili Kepala Kejari Agus Irawan Yustisianto, Selasa (29/10).

Menurut Amir, tujuan monev yaitu memastikan pekerjaan sesuai ketentuan dan mencegah penyimpangan. Secara umum, proyek telah sesuai ketentuan. Tapi, ada beberapa poin perlu diperbaiki. Antara lain di beberapa titik proyek ditemukan ketebalan aspal tidak sesuai spek dan bahu jalan tidak rapi.

Atas temuan tersebut, TP4D memberikan masukan agar pelaksana proyek melakukan perbaikan dan menyarankan PPK menilai pekerjaan secara riil. Jika ditemukan kekurangan pekerjaan, maka pembayaran harus sesuai dengan prestasi pekerjaan, baik dari segi volume atau pun kualitas.

"Bila perlu PPK dapat memutus kontrak bagi pelaksana proyek tidak menaati kontrak yang telah disepakati. TP4D juga menyarankan dilakukan uji lab terhadap hasil pekerjaan, sehingga penilaian valid dan dapat dipertanggungjawabkan," pungkasnya. (kwl/wa)

(rs/kwl/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia