Sabtu, 07 Dec 2019
radarsolo
icon featured
Olahraga

Dr Moewardi Pernah Jadi Ketua Persija

31 Oktober 2019, 13: 42: 41 WIB | editor : Perdana

TOKOH PENTING: Dr Moewardi jadi tokoh bangsa yang sempat ikut mengembangkan Persija Jakarta.

TOKOH PENTING: Dr Moewardi jadi tokoh bangsa yang sempat ikut mengembangkan Persija Jakarta.

Share this      

SOLO – Belum lama ini Jawa Pos Radar Solo membuat sebuah liputan khusus yang membahas tentang tokoh Dr Moewardi. Koran ini banyak membahas terkait karirnya di kepemudaan hingga dunia kedokteran.

Di lain sisi, sejatinya tokoh yang kini namanya diabadikan jadi nama rumah sakit di Kota Solo ini pernah berkecimplung dunia olahraga. Tepatnya Sebelum Indonesia merdeka. Dia aktif di tim Persija, dan termasuk tokoh penting di klub asal Ibu kota tersebut.

”Dia jadi tokoh pengembangan Persija, saat masih awal-awal berdiri, bersama Dr A Halim, hingga MH Thamrin. Momen itu saat dia buka praktek di Jakarta, dan saat Persija masih pakai nama VIJ (Voetbalbond Indonesische Jacatra). Bahkan Moewardi sempat jadi ketua Persija dua periode, yakni 1937/1938 dan 1938/1939,” terang Abdillah Afiif, penulis buku Gue Persija kepada Jawa Pos Radar Solo.

Di bawah pimpinannya, VIJ termasuk klub yang ditakuti. Di tahun 1938, VIJ sukses menjadi juara kompetisi PSSI yang digelar di Solo. Persis sendiri harus puas di tempat ketiga, salah satunya usai kalah 1-3 dari VIJ.  (nik)

(rs/NIK/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia