Sabtu, 07 Dec 2019
radarsolo
icon featured
Wonogiri

DPRD Wonogiri Tetapkan Lima Raperda Prioritas

31 Oktober 2019, 16: 55: 54 WIB | editor : Perdana

RAPAT PARIPURNA: Ketua Bapemperda DPRD Wonogiri Gimanto membacakan laporan pembahasan Propemperda Kabupaten Wonogiri 2020.

RAPAT PARIPURNA: Ketua Bapemperda DPRD Wonogiri Gimanto membacakan laporan pembahasan Propemperda Kabupaten Wonogiri 2020. (IWAN KAWUL/RADAR SOLO)

Share this      

WONOGIRI – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Wonogiri menetapkan lima rancangan peraturan daerah (Raperda) prioritas pada 2020 mendatang.

Dua raperda merupakan inisiatif dari DPRD Wonogiri, tiga raperda lainnya berasal dari pemerintah daerah. Baik raperda yang baru diusulkan maupun raperda luncuran dari Program Pembentukan Peraturan Daerah Kabupaten (Propemperda) Wonogiri 2019.

Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Wonogiri Gimanto mengatakan, Propemperda 2020 disusun oleh Badan Pembentukan Peraturan Daerah. Serta program pembentukan peraturan daerah di lingkungan Pemkab Wonogiri 2020 yang dikoordinasikan oleh bagian hukum.

”Setelah disepakati bersama, keduanya dijadikan acuan dalam penyusunan Propemperda 2020 ditetapkan untuk jangka waktu 1 tahun berdasarkan skala prioritas sesuai kewenangan Daerah sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah. Selanjutnya, hasil penyusunan Propemperda 2020 ditetapkan dalam Rapat Paripurna DPRD dengan Keputusan DPRD Kabupaten Wonogiri,” kata Gimanto dalam Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Wonogiri, kemarin (30/10). 

Menurut Gimanto, pembahasan Propemperda 2020 dilaksanakan secara bertahap. Diawali dengan rapat kerja Bapemperda pada Selasa (24/9). Selanjutnya fasilitasi di Hotel Sahid Jaya Solo dan dihadiri oleh eksekutif Pemkab Wonogiri pada Minggu (6/10) sampai Selasa (8/10) lalu.

Dia menjelaskan, raperda yang diusulkan oleh DPRD dalam rangka melaksanakan amanat pemerintah melalui peraturan perundang-undangan. Selain itu, merupakan wujud pemenuhan kebutuhan hukum bagi masyarakat Wonogiri. Sekaligus menjadi "local problem solving" atas permasalahan tersebut yang bersentuhan langsung dengan masyarakat. 

Dalam paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Wonogiri Setyo Sukarno, secara aklamasi menyetujui Propemperda Kabupaten Wonogiri 2020 sebanyak lima raperda prioritas dan enam raperda kumulatif terbuka. Hasil selengkapnya lihat grafis,

Diharapkan propemperda mampu menjawab perkembangan kebutuhan hukum, mendorong pencapaian arah dan tujuan pembangunan daerah. Disamping itu sesuai dengan kebutuhan hukum masyarakat yang mengedepankan aspek keadilan sosial dan percepatan peningkatan kesejahteraan masyarakat. (sct/kwl/aw/adi)

Lima Raperda Prioritas Tahun 2020

1. Raperda tentang Penyelenggaraan Kabupaten Layak Anak

2. Raperda tentang Pengarusutamaan Gender

3. Raperda tentang Pokok-Pokok Pengelolaan Keuangan Daerah

4. Raperda tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Kabupaten Wonogiri Nomor 13 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kabupaten Wonogiri

5. Raperda tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Wonogiri

Enam Raperda Kumulatif 2020

1. Raperda Kumulatif Terbuka Akibat Putusan Mahkamah Agung

2. Raperda Kumulatif Terbuka tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah

3. Raperda Kumulatif terbuka Akibat Pembatalan atau Klarifikasi dari Menteri Dalam Negeri atau Gubernur

4. Raperda Kumulatif Terbuka Akibat Perintah dari Peraturan Perundang-Undangan yang lebih tinggi setelah Program Pembentukan Peraturan Daerah Kabupaten Wonogiri Tahun 2020 ditetapkan

5. Raperda Kumulatif Terbuka tentang Pembentukan, Pemekaran, dan Penggabungan Kecamatan

6. Raperda Kumulatif Terbuka tentang Pembentukan, Pemekaran, dan Penggabungan Desa

(rs/adi/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia