Sabtu, 07 Dec 2019
radarsolo
icon featured
Solo

Sering Rusak, Pemkot Pilih Beli Alat Berat Baru

01 November 2019, 17: 04: 51 WIB | editor : Perdana

VITAL: Alat berat beroperasi di TPA Putri Cempo mengeruk tumpukan sampah.

VITAL: Alat berat beroperasi di TPA Putri Cempo mengeruk tumpukan sampah. (DAMIANUS BRAM/RADAR SOLO)

Share this      

SOLO – DPRD Surakarta hanya mengabulkan satu unit alat berat berupa wheel loader dari total tiga unit yang diajukan pemkot. Pengadaan dilakukan tahun depan.

Sekretaris Komisi II DPRD Kota Surakarta Janjang Sumaryono Aji menyadari kebutuhan alat berat di tempat pembuangan sampah akhir tersebut. Namun, karena pertimbangan efisiensi anggaran, pihaknya tidak dapat mengabulkan seluruh permintaan pengadaan alat berat.

“Idealnya memang tiga wheel loader, tapi kebutuhan kita bukan hanya untuk DLH (Dinas Lingkungan Hidup). Kita bagi ke pos-pos lain,” ucapnya, Kamis (31/10).

Janjang memprediksi harga satu unit alat berat mencapai Rp 2,3 miliar. Anggaran yang cukup besar itu diloloskan lantaran kondisi alat berat di TPA Putri Cempo kerap rusak dan berulangkali diperbaiki.

“Dulu kita sediakan anggaran perbaikan. Namun tidak bertahan lama rusak lagi. Lebih efisien membeli alat baru,” terangnya.

Politisi PDI Perjuangan itu berharap dengan pengadaan alat berat dapat meningkatkan kinerja petugas DLH dalam mengelola sampah di TPA Putri Cempo.

Terpisah, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Surakarta Sri Wardhani berharap sarana prasarana pengelolaan sampah terus ditingkatkan. Selain itu, pemkot kini juga tengah berusaha mengelola pembangkit listrik tenaga sampah. (irw/wa)

(rs/irw/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia