Senin, 27 Jan 2020
radarsolo
icon featured
Ekonomi & Bisnis

Garap Rute Asia dan Aussy, Bandara Adi Soemarmo Sambut Pariwisata 2020

01 November 2019, 17: 09: 58 WIB | editor : Perdana

HAMPIR RAMPUNG: Pekerja menyelesaikan proyek kereta bandara.

HAMPIR RAMPUNG: Pekerja menyelesaikan proyek kereta bandara. (ARIEF BUDIMAN/RADAR SOLO)

Share this      

SOLO – PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Adi Soemarmo siap menyambut pangsa pasar pariwisata, 2020 mendatang. Lewat segala infrastuktur yang ada, mereka bakal menggarap rute penerbangan langsung (direct flight) ke Asia dan Australia. Rinciannya 10 negara di Asia dan empat kota besar di Negeri Kanguru.

Hal ini disampaikan General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Adi Soemarmo Abdullah Usman usai Soloraya Tourism Outlook 2020 di Swiss Belinn Solo Hotel, kemarin (31/10). Menurutnya, sektor pariwisata merupakan lokomotif penggerak roda perekonomian. 

“Ke depan tidak hanya rute Solo-Kuala Lumpur, Malaysia saja. Tetapi potensi SOC (Bandara Internasional Adi Seomarmo) bisa sampai 10 negara Asia dan 4 kota di Australia. Titik tersebut masuk jangkauan pesawat Airbus 330. Dengan fasilitas yang ada saat ini, kenapa tidak kita tawarkan?” papar Usman.

Saat ini rute yang berpotensi besar digarap yakni Solo-Singapura. Usman mendorong sejumlah maskapai, baik swasta maupun nasional untuk mengambil kesempatan tersebut.

Sementara ini, lanjut Usman, pihaknya masih menunggu rampungnya proyek kereta bandara. Dijadwalkan kereta yang menghubungkan bandara dengan Stasiun Solo Balapan ini beroperasi 20 Desember. Meski masih menyisakan pembangunan satu bidang perlintasan, Usman optimistis proyek rampung tepat waktu.

“Informasi yang kami dapat, 20 Desember sudah beroperasi. Kami dari pihak bandara sudah sangat siap. Tinggal koordinasi dengan PT KAI terkait operasionalnya,” beber Usman.

Secara keseluruhan, progres proyek kereta bandara mencapai 96 persen. Tak hanya Stasiun Solo Balapan, namun juga terhubung dengan Yogyakarta International Airport (YIA) di Kulon Progo. (gis/fer)

(rs/gis/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia