Sabtu, 07 Dec 2019
radarsolo
icon featured
Wonogiri

Kena Narkoba, Beasiswa Bisa Dibatalkan

01 November 2019, 18: 50: 20 WIB | editor : Perdana

KEBANGGAAN: Wisuda sarjana di salah satu kampus. Pemkab mendorong mahasiswa asal Wonogiri berprestasi.

KEBANGGAAN: Wisuda sarjana di salah satu kampus. Pemkab mendorong mahasiswa asal Wonogiri berprestasi. (ARIEF BUDIMAN/RADAR SOLO)

Share this      

WONOGIRI – Banyak persyaratan yang harus dipenuhi mahasiswa bila ingin mendapatkan beasiswa dari pemkab. Bukan hanya cerdas dan berprestasi, tapi harus bebas dari narkoba.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri Yuli Bangun mengatakan, pemkab menyediakan anggaran miliaran rupiah untuk beasiswa mahasiswa berprestasi. Yang lolos seleksi berhak mendapatkan Rp 12 juta per tahun.

Syarat yang harus dipenuhi yakni, berstatus mahasiswa S1 atau sederajat (D IV). Menempuh semester satu, tiga, dan lima di perguruan tinggi negeri (PTN) maupun swasta yang terakreditasi A dengan indeks prestasi kumulatif (IPK) 3,0, sedangkan mahasiswa S2 PTN dan swasta terakreditasi A memiliki IPK 3,3.

“Calon peserta (seleksi beasiswa) juga wajib membuat karya tulis dengan tema kontribusi terhadap pembangunan di Kabupaten Wonogiri. Minimal tiga halaman dan dipresentasikan waktu tes wawancara. Mereka juga diminta membuat rencana penggunaan dana bantuan pendidikan sebesar Rp 12 juga per tahun,” beber Yuli.

Selain itu, calon peserta yang memiliki piagam penghargaan serendah rendahnya tingkat kabupaten yang diperoleh dua tahun terakhir dapat melampirkannya, serta melampirkan surat keterangan tidak mampu (SKTM) dari desa/kelurahan yang direkomendasi dinas sosial. SKTM ini apabila mahasiswa berasal dari keluarga kurang mampu.

"Calon penerima beasiswa harus menyerahkan surat keterangan dari dokter yang menyatakan bebas dari penggunaan narkoba. Kalau tidak bebas narkoba, ya batal," tegasnya.

Tahun ini, pemkab menyediakan kuota beasiswa untuk 461 mahasiswa dengan anggaran Rp 5,8 miliar. Hingga kemarin, yang sudah mendaftar mencapai 326 orang. (kwl/wa)

(rs/kwl/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia