Senin, 09 Dec 2019
radarsolo
icon featured
Sukoharjo
Pilkades Sukoharjo

6 Petahana Kades Bertahan, 3 Tumbang

01 November 2019, 18: 56: 49 WIB | editor : Perdana

KONDUSIF: Prosesi pilkades di TPS 1 Desa Purbayan, Kecamatan Baki kemarin (31/10).

KONDUSIF: Prosesi pilkades di TPS 1 Desa Purbayan, Kecamatan Baki kemarin (31/10). (RAGIL LISTIYO/RADAR SOLO)

Share this      

SUKOHARJO – Pemilihan kepala desa (pilkades) serentak di 11 desa berlangsung aman dan lancar. Partisipasi pemilih dipuji karena di atas 80 persen.

Mengacu data Bagian Pemerintah Desa (Pemdes) Setda Sukoharjo, terdapat tiga petahana tumbang. Yakni di Desa Mertan, Jagan, Kecamatan Bendosari; dan Triyagan, Kecamatan Mojolaban.

Enam petahana kades yang bertahan yaitu di Desa Jatingarang, Kecamatan Weru; Desa Wonorejo, Kecamatan Polokarto; Desa Purbayan, Duwet, Gedongan, di Kecamatan Baki; dan Desa Lengking, Kecamatan Bulu. 

Untuk Desa Karanganyar, Kecamatan Weru; dan Jati, Kecamatan Gatak ditempati wajah-wajah baru. "Semua berjalan lancar dan sesuai jadwal. Tidak ada laporan adanya masalah. Termasuk teknis logistik dan keamanan," terang Kabag Pemdes Setyo Aji Nugroho kemarin (31/10).

Menurut Setyo, pemkab menyebar empat tim pemantau pilkades. Tim 1 memantau di Kecamatan Bulu dan Weru, tim 2 di Kecamatan Bendosari, tim 3 di Kecamatan Mojolaban dan Polokarto, sedangkan tim 4 pantau kawasan Kecamatan Baki dan Gatak.

Setelah selesai coblosan, hasilnya disampaikan ke Badan Permusyawaratan Desa (BPD). BPD kemudian melaporkan hasil pilkades pada bupati Sukoharjo, sehingga pelantikan dapat dilakukan pada 9 November sesuai jadwal dan habisnya masa jabatan kades lama.

Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya bersyukur pilkades berjalan aman. Tingkat pastisipasi pemilih terhitung di atas 80 persen. “Partisipasi tinggi ini karena masyarakat punya kedekatan emosional dalam pilkades. Yang berkompetisi sudah dikenal dan warga setempat juga,” ucapnya. 

Kapolres Sukoharjo AKBP Bambang Yugo Pamungkas menuturkan, pihaknya mengerahkan 620 personel untuk pengamanan. Dibantu unsur TNI, anggota Dit Sabhara Polda Jateng, Brimob Detasemen C Surakarta, polres se-eks Karesidenan Surakarta, serta anggota Perlindungan Masyarakat (Linmas) di tiap-tiap tempat pemungutan suara.

Panitia Pilkades Purbayan, Kecamatan Baki Mulyanto menyatakan, di desanya jumlah pemilih mencapai 5.434 orang. “Sejak (TPS) dibuka pukul 07.00, sudah banyak (pemilih) yang datang mengantre memilih. Setelah perhitungan selesai akan langsung kami laporkan ke BPD," terangnya. 

Menurut Mulyono, memang ada gesekan. Namun, sekadar beda pendapat dan tidak sampai menimbulkan keributan. (rgl/wa)

(rs/rgl/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia