Kamis, 12 Dec 2019
radarsolo
icon featured
Solo

DPRD: Idealnya Drainase Dilengkapi Manhole

02 November 2019, 19: 25: 58 WIB | editor : Perdana

BERI MASUKAN: Anggota DPRD Surakarta cek proyek revitalisasi drainase di Jalan Slamet Riyadi, Jumat (1/11).

BERI MASUKAN: Anggota DPRD Surakarta cek proyek revitalisasi drainase di Jalan Slamet Riyadi, Jumat (1/11). (IRAWAN WIBISONO/RADAR SOLO)

Share this      

SOLO – DPRD Surakarta meminta pemkot agar memasang manhole cover yang berfungsi sebagai tempat memeriksa, memperbaiki, dan membersihkan drainase dari kotoran yang mengendap. Hal itu akan berdampak pada kerapian dan optimalisasi drainase kota.

Demikian disampaikan Ketua Komisi II DPRD Surakarta Y.F. Sukasno saat melakukan inspeksi mendadak (sidak) pembangunan drainase di Jalan Slamet Riyadi, Jumat (1/11). 

Politisi PDI Perjuangan itu melihat drainase di Kota Solo belum memenuhi standar keamanan dan kenyamanan. Sebab, setiap selesai pembangunan drainase akan diikuti pemasangan atau perbaikan kabel optic, jaringan listrik maupun pipa PDAM. Pemasangan dan perbaikan jaringan itu dipastikan merusak struktur drainase.

“Kami inginnya perencanaan drainase itu sekali jalan. Dibuat terpadu, ada manhole-nya sekalian setiap 20 meter. Mainhole itu bisa dibuka, bisa untuk memasukkan kabel optic maupun PLN. Harapannya besok nggak nduduk-nduduk (mengeruk) lagi,” katanya.

Namun, lanjut Sukasno, pembuatan manhole drainase di Jalan Slamet Riyadi tidak dapat dikerjakan dalam satu waktu. Alasannya, anggaran yang terbatas. Dibutuhkan Rp 7,4 miliar untuk manhole dari Gladak hingga Purwosari.

“Contoh yang bagus itu (drainase) di Gatsu (Gatot Subroto) sudah terpadu, bisa dicontoh. Kiri untuk kabel optic, kanan untuk PLN dan juga pipa PDAM. Semestinya begitu,” tegasnya.

Keberadaraan manhole juga berdampak pada kenyamanan pengguna jalan. Masyarakat dapat menikmati jalan maupun pedestrian tanpa terganggu galian maupun tumpukan material.

Anggota Komisi II Wawanto sepakat penataan drainase di Kota Bengawan disertai perencanaan yang jelas. Menurutnya, dengan drainase yang baik dapat meminimalkan potensi banjir yang selama ini menjadi momok Kota Solo. (irw/wa)

(rs/irw/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia