Sabtu, 07 Dec 2019
radarsolo
icon featured
Wonogiri

Tiang Listrik Ganggu Pengecoran Jalan Lingkar Kota

02 November 2019, 20: 46: 18 WIB | editor : Perdana

MONITORING: Ketua TP4D Amir Akbar (kemeja batik) saat cek progress proyek JLK.

MONITORING: Ketua TP4D Amir Akbar (kemeja batik) saat cek progress proyek JLK. (IWAN KAWUL/RADAR SOLO)

Share this      

WONOGIRI – Pelaksana proyek pembangunan jalan lingkar kota (JLK) mengeluhkan posisi puluhan tiang listrik yang menghambat pengecoran jalan.

Keluhan itu disampaikan kepada tim pengawal dan pengaman pemerintah dan pembangunan daerah (TP4D) Kejaksaan Negeri (Kejari) Wonogiri, Jumat (1/11). 

Ketua TP4D Amir Akbar mewakili Kepala Kejari Wonogiri Agus Irawan Yustisianto menuturkan, pengecekan proyek tersebut dilakukan secara berkelanjutan. Hasilnya, progres pembangunan sesuai jadwal. Namun, ada hambatan yang dihadapi pelaksana proyek.

"Masih ada puluhan tiang listrik yang belum dipindah oleh PLN. Tapi tadi langsung kita komunikasikan karena menghambat cor jalan. Jadi harus segera (dipindahkan)," kata Amir.

Sebelumnya, proyek JLK menemui kendala karena melintasi kawasan hutan milik Perhutani. Namun, izin penebangan pohon segera terbit dan dapat dilanjutkan pembersihan lahan.

TP4D memastikan penebangan pohon milik Perhutani harus memiliki dasar hukum kuat, sehingga tidak berpotensi menimbulkan masalah di kemudian hari. Dengan terbitnya izin dari Perhutani tentang penebangan dan pembersihan lahan, maka proyek yang melintasi kawasan hutan telah legal.

TP4D juga menemukan beberapa titik rawan longsor, namun tidak dianggarkan pembuatan talut. Di lain sisi, ada tebing tidak rawan longsor malah direncanakan dibuat talut. Sebab itu, diperlukan skala prioritas agar hasil pembangunan JLK optimal. TP4D memberi masukan untuk membuat adendum terkait pembuatan talut di tebing rawan longsor.

“JLK medannya cukup berat. Ada perubahan ketinggian elevasi jalan. Nanti ada adendum juga. Jadi ada dua adendum terkait tebing rawan longsor dan ketinggian elevasi jalan,” pungkas Amir. (kwl/wa)

(rs/kwl/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia