Sabtu, 07 Dec 2019
radarsolo
icon featured
Boyolali

Jaga Sumber Air lewat Penghijauan

04 November 2019, 16: 49: 54 WIB | editor : Perdana

GO GREEN: Tradisi Umbul Donga di dengan menanam bibit pohon Desa Sumbung, Kecamatan Cepogo.

GO GREEN: Tradisi Umbul Donga di dengan menanam bibit pohon Desa Sumbung, Kecamatan Cepogo. (TRI WIDODO/RADAR SOLO)

Share this      

BOYOLALI – Air tanah yang terus menyusut memantik keprihatinan masyarkat lereng Gunung Merapi. Melalui penghijauan di kawasan sumber air Butuhan, Desa Sumbung, Cepogo, kemarin (3/11). Acara dikemas dalam Umbul Donga. Berupa kirab, berdoa bersama, dan penanaman pohon.

Berbagai jenis bibit tanaman ditanam di sekitar sumber air. Selanjutnya digelar doa bersama sebagai bentuk memohon keselamatan kepada Tuhan. Tak hanya keselamatan bagi masyarakat, namun juga alam dan terjaganya sumber air.

Ketua panitia Sarsito menjelaskan, acara Umbul Donga ini bentuk keraifan lokal. Masyarakat diajak bersama-sama menjaga lingkungan dengan penghijauan. “Bibit pohon yang ditanam jenis tumbuhan pengikat air. Seperti beringin, preh, bulu, dan gayam,” katanya.

Saat ini, merupakan momentum tepat mengajak masyarakat menanam bibit pohon. Mengingat, sumber air terus menyusut. “Kalau sumber iar terus menyusut, bisa dibayangkan kondisi 10-20 tahun ke depan. Tanaman beringin, preh, gayam, dan bulu tak bisa digunakan sebagai bahan bangunan. Diharapkan tanaman tidak ditebang masyarakat,” ujarnya.

Sarsito mengingat acara yang sama, 2008 silam. Saat itu ditanam pohon jenis sengon. Namun setelah pohon besar, justru ditebang masyarakat untuk bahan bangunan. “Kami targetkan 1.000 bibit pohon ditanam di acara sekarang ini,” bebernya.

Terkait pemeliharaan bibit pohon yang ditanam, disiapkan tim khusus. Total ada 12 tim pemeliharaan dari berbagai unsur. Mereka bertugas memantau pertumbuhan tanaman setiap bulan. Tim juga menyusur ke arah hulu atau atas untuk menentukan lokasi atau sumber air yang tepat untuk lokasi penghijauan. (wid/fer)

(rs/wid/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia