Sabtu, 07 Dec 2019
radarsolo
icon featured
Sragen

Ribuan Warga Antre Sejak Pagi, Berebut Cetak E-KTP

05 November 2019, 14: 26: 12 WIB | editor : Perdana

TAK SEBANDING: Antrean cetak E-KTP di kantor Dispendukcapil Sragen terjadi sejak pagi, kemarin. Pengantre ribuan, sementara blangko yang tersedia hanya 500 keping.

TAK SEBANDING: Antrean cetak E-KTP di kantor Dispendukcapil Sragen terjadi sejak pagi, kemarin. Pengantre ribuan, sementara blangko yang tersedia hanya 500 keping. (AHMAD KHAIRUDIN/RADAR SOLO)

Share this      

SRAGEN – Ribuan warga Sragen menyerbu kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (dispendukcapil) Sragen, kemarin (4/11). Mereka berharap masih mendapatkan keping blangko Kartu Tanda Penduduk (KTP). Namun blangko yang tersedia hanya 500 keping dan langsung ludes diserbu.

Demi mendapatkan blangko KTP, ada warga yang sudah mengantre sejak kantor belum buka. Karena sebelumnya dari kantor dispendukcapil mengumumkan lewat media sosial bahwa blangko tinggal 500 untuk dilakukan pencetakan. Namun antrean justru melebihi 500 orang.

Sekretaris Disdukcapil Sragen Wahana Wijayanto menyampaikan, antrean sudah terjadi sejak pagi. Pengumuman cetak memang disampaikan lewat medsos. Namun di luar dugaan, warga yang membutuhkan melebihi blangko KTP yang dimiliki.

”Antrean yang datang lebih dari 1.000 orang. Yang kami layani tentu yang datang lebih awal. Ada juga yang di belakang langsung pulang,” ujarnya.

Dia menyampaikan lebih dari sebulan belum mendapat tambahan pasokan blangko KTP dari pusat. Padahal daftar tunggu cetak E-KTP Sragen saat ini mencapai 36 ribu orang. Pihaknya lantas mengirim surat permohonan ke pemerintah pusat, namun tidak direspon. Bahkan meminta izin pengadaan blangko KTP mandiri dengan e-Katalog.

”Namun untuk ini harus dibahas di DPR juga,” ujarnya.

Sementara antrean reguler per hari mencapai 300 orang. Namun pasokan dari pemerintah pusat tidak sebanding dengan kebutuhan. Sementara pemkab sudah membuat langkah terobosan. ”Ada 23 layanan kami, namun jika KTP tersendat juga tidak baik bagi kami,” tuturnya.

Wahana kembali mengupayakan pencetakan massal di awal 2020 mendatang. Targetnya 15 ribu e-KTP bisa dicetak. (din/adi)

(rs/din/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia