Senin, 09 Dec 2019
radarsolo
icon featured
Sukoharjo

Infaq Salat Istisqa Alun-Alun Satyanegara untuk Beli Air

06 November 2019, 19: 20: 39 WIB | editor : Perdana

BERMUHASABAH: Masyarakat bersama forkompimda dan pelajar menggelar salat Istisqa di Alun-Alun Satyanegara, Selasa (5/10).

BERMUHASABAH: Masyarakat bersama forkompimda dan pelajar menggelar salat Istisqa di Alun-Alun Satyanegara, Selasa (5/10). (RAGIL LISTIYO/RADAR SOLO)

Share this      

Berita Terkait

SUKOHARJO – Sedikitnya 1.000 jamaah mengikuti salat Istisqa di Alun-Alun Satyanegara, Selasa (5/10). Kegiatan yang diinisiasi Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Sukoharjo itu guna memohon kepada Allah SWT menurunkan hujan di wilayah Kota Makmur.

Hadir pada kegiatan tersebut Bupati Wardoyo Wijaya, Wakil Bupati Purwadi, jajaran forkompimda, murid SMP dan SMA, serta elemen lainnya. Mudir Ma’had Ali Baitul Hikmah Sukoharjo Ustad Asrofi didaulat menjadi imam sekaligus khotib.

Kepala kantor Kemenag Sukoharjo Ihsan Muhadi mengatakan, salat Istisqa tidak hanya untuk meminta hujan. Namun, juga sarana introspeksi diri. "Sebagai ikhtiar kita dan masyarakat dengan adanya kemarau panjang. Kami bermuhasabah dan diharapkan hujan segera turun," katanya.

Ditambahkan Ihsan, seluruh elemen masyarakat perlu introspeksi diri terkait sifat dan perilaku yang mungkin menjadi kendala tidak turunnya hujan. Ditambah peristiwa kebakaran hutan, kabut asap, gagal panen dan sebagainya.

“Semoga setelah salat Istisqa hujan segera turun mengakhiri kemarau panjang. Rencananya hasil infaq hari ini kami belikan air untuk dropping ke daerah terdampak (kekeringan)," ujar Ihsan.

Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya mengaku telah melakukan beragam upaya mengatasi dampak kemarau panjang. Seperti dropping air bersih ke wilayah terdampak. "Intinya (salat Istisqa) ya memohon agar hujan segera turun. Harapannya kebijakan 2020 bisa membuat sumur dalam di daerah rawan kekeringan," tutur dia.

Dani Ikhsan Kurniawan, salah seorang peserta salat Istisqa asal MTsN 2 Sukoharjo berharap doa ribuan jamaah diijabah Allah SWT agar hujan segera turun dan menjadi solusi masalah kekeringan yang dihadapi warga. (rgl/wa)

(rs/rgl/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia