Selasa, 12 Nov 2019
radarsolo
icon featured
Solo

Fix, Pemkot Solo Buka 407 Formasi CPNS

06 November 2019, 21: 36: 51 WIB | editor : Perdana

Pembekalan kepada para CPNS tahun 2019 oleh Pemkot Surakarta

Pembekalan kepada para CPNS tahun 2019 oleh Pemkot Surakarta (DAMIANUS BRAM/RADAR SOLO)

Share this      

SOLO – Jumlah formasi seleksi penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) untuk Pemkot Surakarta akhirnya resmi diumumkan. Ada 407 formasi yang dibuka untuk para pelamar.

Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kota Surakarta Rachmat Sutomo mengakui, jumlah formasi itu jauh lebih kecil dari yang diajukan pemkot ke KemenPAN RB.

”Sebelumnya kami rencanakan membuka 412 formasi. Dari 412 itu, lima di antaranya merupakan formasi guru ilmu pengetahuan sosial (IPS). Tapi akhirnya KemenPAN RB mencoret lima formasi menjadi 407 saja,” kata Rachmat, Rabu (6/11).

Pencoretan lima formasi guru IPS itu lantaran kebutuhannya sudah terpenuhi oleh sejumlah tenaga pendidikan berstatus PNS yang sebelumnya bertugas di sekolah swasta. ”Karena sekolah swasta itu tutup, maka guru tersebut kami tarik kembali untuk ditempatkan di sekolah-sekolah yang membutuhkan,” papar Rachmat.

Disinggung soal pendaftaran, menurut Rachmat, proses dan pelaksanaannya tak akan berbeda dengan daerah lain. Pendaftaran CPNS dimulai pada 11 November. Kemudian, seleksi kompetensi dasar (SKD) berlangsung Februari 2020. 

"Lokasi nanti pakai Solo Techno Park (STP) karena memiliki ruangan berkapasitas 300 orang. Untuk SKD-nya kira-kira berlangsung sepekan. Kalau jumlah pendaftar sampai 6 ribu hingga 7 ribu peserta, per harinya ada tiga hingga empat sesi," kata Rachmat. (ves/ria)

(rs/ves/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia