Selasa, 12 Nov 2019
radarsolo
icon featured
Solo
SELEKSI CPNS

Pendaftaran Akan Dibuka 11 November

07 November 2019, 21: 14: 50 WIB | editor : Perdana

Pendaftaran Akan Dibuka 11 November

SOLO – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) memberikan kuota CPNS pemkot sebanyak 407 formasi. Jumlah tersebut lebih sedikit dibandingkan pengajuan sebelumnya 412 formasi.

“Dari 412 itu, lima di antaranya merupakan formasi guru Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Tapi akhirnya Kemenpan RB mencoret lima formasi (guru IPS), sehingga hanya ada 407 formasi,” terang Kepala Badan Pendidikan Kepegawaian Pendidikan dan Daerah (BKPPD) Kota Surakarta Rachmat Sutomo, Rabu (6/11).

"Kebutuhan lima guru IPS itu terpenuhi sebelum rekrutmen karena dipasok dari guru PNS yang sebelumnya ditugaskan di sekolah swasta. Karena sekolah swasta itu tutup, maka guru tersebut kami tarik kembali untuk ditempatkan di sekolah-sekolah yang membutuhkan," imbuhnya. 

 Menurut Rachmat, tidak ada perbedaan menonjol seleksi CPNS tahun ini dengan sebelumnya. Pendaftaran peserta akan dibuka 11 November, sedangkan seleksi kompetensi dasar (SKD) Februari 2020.

"Lokasi (tes) nanti pakai Solo Technopark karena memiliki ruangan cukup luas. Untuk SKD-nya kira-kira berlangsung sepekan. Kalau jumlah pendaftar sekitar 7.000 peserta. Jadi perhari ada tiga sampai empat sesi tes,” kata dia.

Guna menjamin kelancaran seleksi CPNS, pemkot segera melakukan lelang pengadaan komputer, bandwith, dan sarana prsarana lainnya lewat Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE).

"Desember mulai lelang. Januari sudah ada pemenang. Jadi Februari mendatang tes sudah bisa berlangsung," terang Rachmat

Di lain sisi, permohonan legalisasi surat keterangan (suket) sebagai pengganti e-KTP guna legalisasi pelamar CPNS di kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Surakarta menunjukkan peningkatan. (ves/wa)

(rs/ves/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia