Selasa, 12 Nov 2019
radarsolo
icon featured
Olahraga

Menelusuri Sejarah Berdiri Persis Solo, Maret Atau November?

09 November 2019, 08: 00: 59 WIB | editor : Perdana

Klub PS Mars yang sudah eksis sejak Indonesia belum merdeka

Klub PS Mars yang sudah eksis sejak Indonesia belum merdeka

Share this      

SOLO - Perdebatan soal kepastian tanggal berdirinya Persis Solo, masih jadi sebuah tanda tanya. Pegangan 8 November 1923 sesuai informasi yang diunggah oleh akun twitter @persissolo ternyata dapat perbandingan dari potongan koran berbahasa Belanda bernama Soerabaijasch Handelsblad pada terbitan 21 Februari 1935. Yang mana koran ini tak menuliskan kalimat Persis berdiri di tanggal 8 November 1923. 

Persis berdiri bisa jadi bukan di bulan November, namun Maret. Ini terekam jelas di koran milik organisasi Boedi Oetomo di Surakarta, yakni Darmo Kondo terbitan 31 Maret 1923. Yang mana koran ini menuliskan kalimat yang memperjelas, Persis yang awalnya bernama Vorstenlandsche Voetbal Bond Soerakarta berdiri di akhir bulan Maret.

“Dari oesahanja perhimpoenan Djawa voetbalen R.O.M.E.O, Legion, De Leeuw, M.A.R.S, telah saja memperdirikan bond, dan bond itoe diberi bernama 'Vorstenlandsche Voetbal Bond Soerakarta', dan Statuntennja akan dipohonkan,” tulis isi koran Darmo Kondo edisi 31 Maret 1923.

Jawa Pos Radar Solo memperlihatkan tiga potongan koran terkait berdirinya Persis di atas kepada pemerhati sejarah Persija Jakarta Abdillah Afiif. Founder Abidin Side ini mengakui apa yang tertulis di Darmo Kondo lebih jelas menunjukkan momen berdirinya Persis. 

“Lebih jelas yang Maret, soalnya jelas nyebutin tentang berita pendirian dengan klub-klub pendirinya,” terang Afiif kepada Jawa Pos Radar Solo kemarin

Abdillah Afiif mengakui pernah menemukan informasi Persis berdiri di awal tahun. Itu pada Madjalah Berita Persatoean Sepakraga Seloeroeh Indonesia terbitan Januari 1940 No. 1 Tahoen II, yang mewartakan sebuah artikel dengan Judul: Riwajat Persis, Setelah Berdiri 2 Windoe (16 tahoen). Artikel tersebut mewartakan ihwal sececah sejarah dan eksistensi Persis, tetapi tidak membubuhkan informasi mengenai tanggal kelahiran Persis.

”Majalah PSSI pernah menerbitkan tulisan 2 windu Persis di bulan Januari, jelang bulan Maret,” tuturnya.

Namun dia menegaskan, itu semua baru sebatas hipotesis yang perlu didalami kebenaraannya. “Ada kemungkinan November itu didaftarkan ke departemen va justitie. Jadi Maret kumpul-kumpul klub terus dilanjutkan pengakuan pemerintah Hindia Belanda. Karena ada kata (di koran Darmo Kondo) statusnya akan dipohonkan hak recht person kepada pemerintah,” paparnya.

Dia mencontohkan apa yang terjadi pada klub Rood Wit yang jadi klub bola pertama di Batavia (nama awal Jakarta), yang bediri tahun 1983, lalu diakui resmi oleh pemerintah Hindia Belanda tahun 1894. Akhirnya yang dipakai adalah pendirian di tahun 1894. (nik/ria)

(rs/NIK/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia