Sabtu, 07 Dec 2019
radarsolo
icon featured
Solo

Pemkot Solo Siapkan 3 Lokasi Tes CPNS

Besok, Pendaftaran Mulai Dibuka

10 November 2019, 14: 10: 59 WIB | editor : Perdana

Pemkot Solo Siapkan 3 Lokasi Tes CPNS

SOLO – Pemkot menyebut pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) akan dimulai besok, 11 November. Informasi tersebut didapat setelah surat dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokraksi (Kemenpan RB) diterima Badan Pendidikan Kepegawaian Pendidikan dan Daerah (BKPPD) Surakarta pekan lalu.

Kepala BKPPD Surakarta Rachmat Sutomo mengatakan, pendaftaran dilakukan sepenuhnya secara online menggunakan portal SSCASN BKN (Badan Kepegawaian Negara).

“Seperti rekrutmen sebelumnya, setiap pelamar hanya bisa mendaftar di satu instansi dan satu formasi jabatan di kementerian, lembaga, pemerintah daerah tingkat provinsi, kabupaten maupun kota. Pendaftaran berbasiskan nomor induk kependudukan (NIK),” katanya, Sabtu (9/11).

Berdasarkan surat yang ditandatangani Menpan RB Tjahjo Kumolo, pengumuman seleksi administrasi berlangsung Desember. Disusul masa sanggah hingga Januari.

Pelaksanaan seleksi kompetensi dasar (SKD) menggunakan computer assisted test (CAT) rencananya dimulai Februari 2020, dan seleksi kompetensi bidang (SKB) pada Maret 2020.

“Nah, berdasarkan surat dari Menpan RB pada 1 Oktober, pelaksanaannya (tes mandiri) kan mandiri. Kami baru membuat kajian apakah untuk sewa komputer dan pirantinya harus lelang atau penunjukan. Anggaran sudah kami siapkan seluruhnya. Total Rp 1,5 miliar,” ucapnya.

Adapun lokasi tes yang dibidik antara lain Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, SMKN 7 Solo, dan SMKN 8 Solo. Menurut Rachmat, berdasarkan pengalaman rekrutmen tahun lalu, jumlah pelamar untuk 461 formasi mencapai sekitar 7.000 orang. Dia memprediksi, dengan jumlah formasi 407 pada tahun ini, jumlah pelamar tidak jauh berbeda.

“Paling 6.000-7.000 pelamar karena formasinya 407 dari permintaan 500. Angka yang disetujui ini menyesuaikan komposisi belanja langsung dan tidak langsung, serta jumlah ASN purnatugas,” ungkap dia.

Sekadar informasi, 407 formasi itu terdiri dari formasi tenaga pendidikan, tenaga kesehatan, dan sisanya tenaga teknis lainnya. Seperti pengelola keuangan, analis perencanaan, dan analis pemerintahan. (irw/wa)

(rs/irw/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia