Sabtu, 07 Dec 2019
radarsolo
icon featured
Klaten

Formasi Sudah Diumumkan, Pendaftaran CPNS Buka Hari Ini

11 November 2019, 08: 00: 59 WIB | editor : Perdana

Formasi Sudah Diumumkan, Pendaftaran CPNS Buka Hari Ini

KLATEN – Pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) di lingkungan Pemkab Klaten dibuka hari ini. Terdapat 738 formasi yang tersedia. Rinciannya tenaga pendidik 574 formasi, tenaga kesehatan 66 formasi, dan tenaga teknis 98 formasi.

Biasanya, pendaftaran CPNS dibayangi pergerakan calo. Mengaku bisa meloloskan peserta jadi CPNS, asalkan bersedia membayar uang dengan nominal tertentu. Menanggapi fenomena ini, Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Klaten mewanti peserta agar tidak mudah terbujuk rayu calo CPNS.

Sekretaris BKPPD Klaten Slamet menegaskan pada rekruitmen kali ini tidak ada oknum yang bisa meloloskan CPNS pada formasi tertentu. Sebab seleksi dilakukan dengan computer assited test (CAT). 

“Ya ikut saja tahapan pendaftaran yang ada di website. Jangan percaya isu-isu yang berkembang di luar. Karena pendaftarannya dilakukan online lewat sscasn.bkn.go.id. Jangan percaya oknum yang bisa meloloskan CPNS. Percaya pada kemampuan diri sendiri,” imbau Slamet, kemarin (10/11).

Terkait formasi, sudah diumumkan tadi malam di website. Dijelaskan secara rinci formasi yang dibuka. Termasuk tata cara pendaftaran. Slamet meminta para pelamar mencermati persyaratan dokumen.

Di antaranya terkait usia maksimal 35 tahun sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil. Namun ada pengecualian pada sejumlah formasi. Seperti dokter spesialis, maksimal usia 40 tahun.

Syarat lain, yakni minimal lulusan S1. Terutama formasi tenaga pendidik. Sedangkan syarat pendidikan pada sejumlah formasi lainnya menyesuaikan. Nantinya seluruh dokumen akan di-scan. Dijadikan satu folder sebelum dikirim ke sscasn.bkn.go.id.

“Harus diingatm, tidak bisa mendaftar dua tempat sekaligus. Misalnya di daerah dan kementerian. Hanya satu lokasi saja sesuai formasi yang dilamar. Sebab pendaftaran menggunakan nomor induk kependudukan (NIK),” terangnya.

Selama pendaftaran CPNS, BKPPD Klaten membuka sekretariatan. Pelamar yang belum paham, bisa bertanya di sekretariatan. Nantinya oleh petugas akan dijelaskan secara rinci.

Aprian Suhendro, 31, warga Desa Tarubasan, Kecamatan Karanganom, kembali mencoba peruntungan. Sebelumnya, dia gagal lolos saat mendaftar CPNS di Kementerian Pekerjaan Umum (Kemen PU). 

“Padahal sudah sampai tahap terakhir. Saya sudah mencari tahu formasi apa saja yang dibuka di sejumlah kementerian. Kalau persiapan, ya belajar mandiri,” ujar lulusan S1 Teknik Informatika tersebut. (ren/fer)

(rs/ren/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia