Kamis, 12 Dec 2019
radarsolo
icon featured
Sepak Bola

PSSI Wacanakan Gelar Liga 2 U-18 2020

12 November 2019, 13: 52: 03 WIB | editor : Perdana

BINTANG LAPANGAN: Striker Persis Solo asal Karanganyar, M Isa melakukan selebrasi usai mencetak gol di kompetisi Liga 2 2019.

BINTANG LAPANGAN: Striker Persis Solo asal Karanganyar, M Isa melakukan selebrasi usai mencetak gol di kompetisi Liga 2 2019. (MEDIA OFFICER PERSIS FOR RADAR SOLO)

Share this      

SOLO – Tim kepelatihan Persis Solo, ternyata mendengar ada sebuah regulasi baru di musim 2020. Yang mana wacananya klub-klub Liga 2 musim depan diharuskan membentuk tim juniornya. Tepatnya untuk mengikuti kompetisi Liga 2 U-18 2020.

”Ini sesuai keinginan ketum PSSI yang baru (Komisaris Jenderal Mochamad Iriawan). Rencananya Liga 2 akan digelar kompetisi U-18, seperti yang sudah dilakukan klub-klub Liga 1,” ucap Asisten Pelatih Persis Solo Choirul Huda kepada Jawa Pos Radar Solo kemarin. 

Seperti yang diketahui, klub Liga 1 diharuskan membentuk tim Elite Pro Academy U-16, U-18 hingga tim sepak bola putri. Terkait wacana ini, Cak Irul (sapaan akrab Choirul Huda) belum bisa memastikan kapan akan digelar pembentukan tim. “Ini tergantung PSSI menentukan kapan mulainya, tapi katanya sih pasti digelar. Kita lihat perkembangan dulu. Kalau sudah jelas baru akan mulai membentuk tim,” terangnya.

Dia juga belum memastikan siapa pelatih yang akan membentuk tim Persis U-18 jika benar-benar Liga 2 U-18 2020 akan mulai digelar musim depan. Saat ini pelatih kepala Persis Solo di Liga 2 2020 sudah pasti jadi tugas Salahudin, yang diperpanjang masa baktinya oleh manajemen Persis.

Untuk jabatan asisten pelatih, masih jadi tugas Choirul Huda dan Kahudi Wahyu. ”Pastinya nanti yang menukangi harus pelatih khusus, yang fokus membentuk tim ini. Tapi hingga hari ini manajemen belum menentukan siapa-siapanya,” terangnya.

Soal potensi, dia mengakui pemain muda Kota Solo memiliki potensi besar untuk unjuk gigi. Ini terbukti, walau tim Persis Solo U-17 yang terjun di ajang Piala Soeratin gagal lolos ke babak nasional, namun tim kelompok umur (KU) lainnya ternyata berhasil membawa harum nama Kota Bengawan.

Tim KKO SMPN 1 Surakarta U-14 sukses menjadi juara Piala Menpora U-14 2019 tingkat nasional. Sementara itu SSB R2 Solo berhasil menjadi juara ajang Piala Menpora U-16 2019 tingkat nasional. Ini seperti mengkawinkan gelar. Sebelumnya mayoritas pemain SSB R2 U-16 sukses membawa tim ini menjadi juara Piala Menpora U-14 tingkat nasional di musim 2018.

“Saya yakin potensi pemain di Solo hebat-hebat. Adanya kompetisi Liga 2 U-18, tentu jadi hal bagus. Ini bisa sebagai ajang seleksi pemain muda Solo, sebelum promosi ke tim senior,” ujar Cak Irul. (nik)

(rs/NIK/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia