Selasa, 10 Dec 2019
radarsolo
icon featured
Solo

Daftar Pencalonan Pilkada lewat DPD, Gibran: Pak Rudy Tak Saya Lompati

12 November 2019, 23: 44: 07 WIB | editor : Perdana

Gibran Rakabuming Raka

Gibran Rakabuming Raka

Share this      

SOLO - Episode perebutan rekomendasi untuk bakal calon wali kota Surakarta di PDIP terus berlanjut. Sebelumnya, Ketua DPC PDIP Solo F.X. Hadi Rudyatmo menyindir DPP terkait aturan partai Nomor 24 Tahun 2017. Aturan itu memberikan keistimewaan bagi daerah yang mendapat suara 25 persen untuk bisa melakukan penjaringan tertutup.

Kini, Gibran gentian mengklaim jika seluruh langkah politiknya menuju pencalonan wali kota Surakarta telah sesuai dengan tahapan di interal partai. Sebagai kader PDIP yang mendaftar lewat DPC Solo, Gibran juga mengatakan, tak pernah sekali pun berusaha melompati sang ketua DPC.

“Saya ulangi lagi dulu. Saya pernah bilang, Pak Rudy adalah orang yang sangat saya hormati. Dan beliau orang pertama yang saya sowani terkait pilkada ini. Dan jawabannya sudah jelas, suruh ambil KTA-nya (kartu tanda anggota) dulu, daftar dulu (jadi kader PDIP, Red),” terang Gibran, Selasa (12/11).

Setelah tahu jika penjaringan bakal calon lewat DPC sudah tutup, lanjut Gibran, dirinya juga tak protes. Namun kemudian, putra sulung Jokowi itu melakukan konsultasi ke senior-senior lain guna menanyakan kemungkinan dia mengikuti penjaringan bakal calon, selain lewat DPC. Salah satunya ke Ketua DPD PDIP Jateng Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul. Selain itu, Gibran juga menyakan hal sama kepada Puan Maharani dan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

”Setelah penjaringan lewat DPC tutup, saya tak protes. Tapi saya konsultasi ke senior lain. Pak Rudy tak saya lompati, lho.  Saya konsultasi, bapak, ibuk, saya masih bisa tidak dapat kesempatan mendaftar atau tidak. Dan, jawabannya bisa kok,” ujar ayah dari Jan Ethes itu.

Bahkan, lanjut Gibran, Bambang Pacul memberikan dia satu bandel buku tentang aturan partai. Setelah dipelajari, ternyata memang masih terbuka kesempatan bagi dia untuk mengikuti penjaringan bakal calon wali kota lewat partai berlambang banteng moncong putih itu. Yakni melalui DPD PDIP Jateng.

”Saya kan juga masih baru banget di PDIP. Apa pun itu, saya selalu konsultasikan ke senior. Saya menunggu arahan dari senior-senior.  Saya akan mendaftar lewat DPD,” pungkas Gibran. (gis/ria)

(rs/gis/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia