Sabtu, 07 Dec 2019
radarsolo
icon featured
Solo

Pekerjaan Atap Masjid Taman Sriwedari Distop, Tiap Turun Hujan

14 November 2019, 09: 05: 59 WIB | editor : Perdana

Atap Masjid Taman Sriwedari sudah mulai dipasang sirap

Atap Masjid Taman Sriwedari sudah mulai dipasang sirap (DAMIANUS BRAM/RADAR SOLO)

Share this      

SOLO – Hujan deras disertai angin kencang yang terjadi di Kota Solo sempat mengganggu aktivitas pembangunan Masjid Taman Sriwedari Surakarta (MTSS). Kontraktor pelaksana proyek terpaksa menghentikan pekerjaan demi menjaga keselamatan pekerja.

Projec Control MTSS Akhsan Fitrianto menjelaskan, pekerjaan eksterior langsung dihentikan jika hujan turun. Seperti yang terjadi Selasa (12/11) lalu, pekerja yang tengah menggarap menara dan atap masjid diinstruksikan untuk berhenti.

“Kami waspada dengan pekerjaan di ketinggian. Kami tingkatkan keamanan agar terhindar dari kecelakaan akibat bahaya angin atau hujan. Pekerjaan eksterior stop, kita alihkan untuk pekerjaan interior,” terang Akhsan, kemarin.

Proyek Rp 165 miliar itu kini tengah menyelesaikan sisa pekerjaan berupa pemasangan atap sirap, empat menara penunjang dan satu menara utama serta finishing ekterior. Pekerjaan menara utama sudah menyelesaikan pembangunan setinggi 101 meter. Rencananya atap menara akan segera dikerjakan untuk menggenapi ketinggian menara 114 meter.

“Pekerjaan interior yang sedang dikerjakan meliputi pemasangan granit pada dinding dan tempat wudu. Desember akan kita pasang marmer,” imbuhnya.

Saat ini, lanjut Akhsan, progres pembangunan MTSS sudah menyentuh angka 59,021 persen. Sesuai dengan kalender pekerjaan, masjid yang didanai dari masyarakat ini akan selesai pada 26 Juni 2020. Mulai dibangun 26 Juni 2018, masjid ini mampu menampung sekitar 7.800 jemaah. Dengan perincian 980 jemaah di masjid utama, 680 di bagian teras dan sisanya di halaman.

“Pekerjaan struktur sudah selesai. Saat ini pekerja masuk mulai jam 08.00 hingga jam 17.00. Kalau lembur sampai jam 22.00,” tuturnya.

Wakil Ketua DPRD Kota Surakarta Achmad Sapari melihat langsung pekerjaan MTSS, kemarin. Politisi Partai Amanat Nasional ini optimistis pembangunan masjid dapat selesai tepat waktu dengan biaya dari masyarakat. “Yang namanya membangun masjid kan banyak orang membantu. Saya yakin banyak orang yang membantu,” katanya. (irw/bun)

(rs/irw/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia