Sabtu, 07 Dec 2019
radarsolo
icon featured
Features

Pulang Ziarah di Yerusalem, Wali Kota Solo Beri Tiket Umrah Sang Sopir

Sadimin Terharu Disopiri Wali Kota ke Bandara

15 November 2019, 10: 25: 59 WIB | editor : Perdana

Wali Kota F.X. Hadi Rudyatmo mengantar Sadimin dan istrinya ke bandara untuk umrah

Wali Kota F.X. Hadi Rudyatmo mengantar Sadimin dan istrinya ke bandara untuk umrah (BAGIAN HUMAS PEMKOT)

Share this      

Bisa melaksanakan ibadah umrah, bagi umat Islam tentu sangat istimewa. Sebab, bisa berdoa di tempat paling mustajab. Bagaimana bila umrah itu dibiayai sekaligus diantar langsung wali kota. Tentu semakin bertambah bahagia. Inilah yang dialami Sadimin. Mau tahu kisahnya? 

IRAWAN WIBISONO, Solo, Radar Solo

RONA bahagia tampak dari wajah Sadimin kemarin (14/11). Dia tidak menyangka keinginan untuk umrah bersama sang istri akhirnya terkabul. Lebih terharu lagi, ketika berangkat dari rumahnya di Makamhaji, Kartasura, Sukoharjo ke Bandara Adi Soemarmo, dia diantar “sopir” istimewa. Yakni, Wali Kota Surakarta F.X. Hadi Rudyatmo.

Ya, Sadimin memang selama ini bekerja sebagai sopir orang nomor satu di Kota Bengawan ini sejak masih menjabat wakil wali kota (wawali). Nah, kini ketika berangkat umrah, giliran dia disopiri sang bos.

Dalam foto yang dikirim Bagian Humas dan Protokol Pemkot Surakarta, tampak wali kota memegang kemudi didampingi ajudannya di kursi depan. Sedangkan Sadimin beserta istri duduk nyaman di kursi belakang. 

Pemandangan tersebut menarik lantaran dalam keseharian dialah yang memegang kemudi. Usut punya usut, itu merupakan permintaan langsung dari wali kota kepada Sadimin. Melalui saluran telepon, pria yang akrab disapa Pak Min ini mengaku agar tidak menolak untuk disopiri.

“Bapak (wali kota) ngendika, Pak Min pas budhal penging nolak, pokoke tak terke teko bandara (Pak Min, saat nanti pergi jangan menolak. Pokoknya saya yang mengantar sampai bandara, Red). Ngendika malih pas saya mau pamitan, sesuk tak terke lho pokoke,” kata Sadimin.

Benar saja, wali kota bersama ajudan datang ke rumahnya di Makamhaji pukul 05.00. Setengah jam kemudian, dia bersama sang istri berangkat menuju bandara. Pria yang sudah 12 tahun menjadi sopir wali kota ini mengaku sebagai orang yang beruntung. Sebab dia berencana berangkat umrah setelah pensiun dengan menabung seadanya. Namun Juni lalu dia diberi hadiah oleh wali kota untuk berangkat umroh bersama sang istri.

“Bapak ndangu, Pak Min nduwe rencana umrah mboten? Dua atau tiga kali tanya begitu, akhirnya didaftarkan,” kisahnya.

Sementara itu, Wali Kota F.X. Hadi Rudyatmo saat ditemui di rumah dinas Loji Gandrung merasa tidak ada yang istimewa dari lakon kemarin. Dia mengaku sudah berniat memboncengkan sopirnya saat berangkat umrah. Itu dianggapnya sebagai balas jasa kepada bapak tiga anak tersebut.  

“Lha wong kula nangdi-nangdi diterke mosok (Pak Min) pisan ameh umroh kudu numpak taksi (Ke mana-mana saya itu diantar. Masa sekali akan umrah harus naik taksi, Red). Pak Min itu nggak pernah cuti. Izin sekali saja pas dulure ewuh (punya hajat, Red),” katanya.

Soal membiayai umrah, itu diakui sebagai bentuk kasih sayang kepada Pak Min. Menurutnya, setiap orang memiliki keinginan untuk memanjatkan doa di tempat yang terbaik.

“Saya menyadari Pak Min orang muslim, pasti juga pengin ngerti kono-kono. Termasuk berdoa di Makkah. Saya katakan, doa di mana pun itu baik, tetapi kan kita juga pengin berdoa di tempat paling baik,” katanya.

Begitu pula dengan Rudy. Mantan kolega Jokowi saat memimpin Solo itu juga baru saja pulang dari ziarah ke Yerusalem. Rudy pun sempat mampir ke Vatikan sebelum akhirnya kembali ke Solo. (*/bun/ria)

(rs/irw/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia