Kamis, 12 Dec 2019
radarsolo
icon featured
Olahraga

Pantau Statistik, Persis Datangkan Asisten Pelatih dari Leicester City

16 November 2019, 07: 05: 59 WIB | editor : Perdana

Gelandang Persis Solo Ilham Irhaz mengangkat beban dalam program gym yang digelar kepelatihan Persis

Gelandang Persis Solo Ilham Irhaz mengangkat beban dalam program gym yang digelar kepelatihan Persis (DAMIANUS BRAM/RADAR SOLO)

Share this      

SOLO – Persis Solo membidik komposisi pemain yang lebih komplet musim depan. Setengah komposisi skuad, namanya sudah masuk di tim untuk kompetisi Liga 2 2020. Tepatnya ada 14 pemain musim 2019 yang dipertahankan.

Saat ini, manajemen dipastikan tetap mempertahankan komposisi tim kepelatihan. Mulai dari pelatih kepala yang masih digawangi Salahudin, serta akan tetap dibantu Choirul Huda dan Kahudi Wahyu Widodo sebagai asisten pelatih.

”Nanti kita juga tambah asisten baru satu lagi. Tapi tugasnya berbeda. Dia lebih akan fokus mendata statistik pemain dan menganalisanya. Bocorannya dia pernah belajar di Leicester City (Inggris),” ucap Owner Persis Solo Vijaya Fitriyasa kepada Jawa Pos Radar Solo kemarin.

Dia mengakui di sepakbola modern ternyata tim statistik cukup penting perannya. Bahkan di klub-klub Eropa sudah diterapkan.

"Ini untuk lebih menekankan, tak ada istilah like and dislike. Seringnya pelatih memantau potensi pemain dari cara main mereka di lapangan. Harusnya ada data juga yang bisa menekankan progres dia di tim, si pemain ada kenaikan atau penurunan progres," ucapnya.

Nantinya penilaian pemain juga akan terus dievaluasi dari video pertandingan. "Program latihan juga nanti akan lebih, modern termasuk adanya penggunaan software untuk melihat perkembangan pemain," ungkapnya.

Sementara itu, Persis musim ini mempertahankan 14 pemain, yang sebagian besar berposisi sebagai bek dan gelandang. Satu-satunya kiper yang dipertahankan adalah Sendry Johansyah. Sedangkan dua nama yakni Rafit Ikhwanudin dan Andri Prabowo dipastikan harus mencari pelabuhan baru musim depan.

Posisi striker yang dipertahankan adalah M. Isa. Untuk Dimas Galih hingga Ugiex Sugiyanto tak masuk kerangka tim musim depan.

"Ada striker Liga 1 yang tengah kita dekati, semoga saja deal. Akhir Desember atau awal Januari, dia bisa bergabung. Kita sadar posisi ini (striker) iru penting, jadi kita akan memilih pemain yang punya jam terbang tinggi dan potensial pastinya," ujarnya.

Sementara itu, Persis belum menentukan kapan akan kembali mengumpulkan pemain. Rencana awal fase awal hanya akan diikuti pemain yang masih dipertahankan terlebih dahulu.

"Rencananya besok (hari ini) baru akan dirapatkan," ujar Manajer Persis Solo Langgeng Jatmiko. (nik/ria)

(rs/NIK/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia