Kamis, 12 Dec 2019
radarsolo
icon featured
Jateng

Kagumi Nama La Lembah Manah, Ganjar Imbuhkan Ungkapan Bahasa Jawa Ini

16 November 2019, 16: 09: 01 WIB | editor : Perdana

Gibran bersama istri, Jan Ethes, La Lembah Manah, Jokowi, Iriana Jokowi, dan ibunda Selvi di RS PKU Muhammadiyah Solo

Gibran bersama istri, Jan Ethes, La Lembah Manah, Jokowi, Iriana Jokowi, dan ibunda Selvi di RS PKU Muhammadiyah Solo

Share this      

SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo kagum dengan nama cucu ketiga Presiden Joko Widodo. Anak kedua pasangan Gibran Rakabuming Raka dan Selvi Ananda itu diberi nama La Lembah Manah. Saking kagumnya, ketika menyebut Lembah Manah, Ganjar tidak tahan untuk tidak memberi sambungan sebuah ungkapan berbahasa Jawa.

La Lembah Manah dilahirkan Jumat (15/11) pukul 15.46 di RS PKU Muhammadiyah Solo. Sampai hari ini (16/11), Ganjar belum bisa menjenguk karena masih menjalani rangkaian Munas Kagama XIII di Denpasar. Bersama istrinya, Ganjar mengucapkan selamat kepada Jokowi dan Gibran.

"Pak Jokowi, Bu Iriana, Mas Gibran, kami berdua menyampaikan selamat atas lahirnya cucu baru, anak baru," kata Ganjar.

Ketika hendak menyebut nama anak kedua Gibran, raut wajah Ganjar semakin berseri-seri. Menurutnya, nama adik Jan Ethes luar biasa. Bahkan, sebuah ungkapan berbahasa Jawa spontan diucapkan Ganjar ketika menyebut La Lembah Manah.

"Namanya luar biasa. Lembah Manah. Lembah Manah Merak Ati. Waduh luar biasa," katanya.

Nama Lembah Manah diambil dari bahasa Jawa yang bermakna rendah hati, sabar dan tidak kemrungsung perasaannya. "La" merupakan kependekan dari lembut anakku, loma atau dermawan anakku. Sementara ungkapan berbahasa Jawa Merak Ati yang diucapkan Ganjar adalah tingkat kesabaran tertinggi.

"Tentu kami berdua ikut berbahagia. Mudah-mudahan jadi anak yang salihah dan selalu sayang sama orangtua, kakek neneknya, pada bangsa dan negara. Sehat selalu untuk semuanya," pungkas Ganjar. (bay/ria)

(rs/bay/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia