Kamis, 12 Dec 2019
radarsolo
icon featured
Solo

Tingkat Konsumsi Ikan Menggembirakan

16 November 2019, 18: 53: 04 WIB | editor : Perdana

GENCAR SOSIALISASI: Ikan memiliki kandungan gizi yang penting bagi tubuh.

GENCAR SOSIALISASI: Ikan memiliki kandungan gizi yang penting bagi tubuh. (ARIEF BUDIMAN/RADAR SOLO)

Share this      

SOLO – Peran pemerintah mengerek kesadaran masyarakat mengonsumsi ikan mulai menampakkan hasil. Tingkat komsumsi ikan warga Kota Bengawanan terus mengalami peningkatan.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Surakarta, tingkat pengeluaran belanja ikan pada 2016 setara dengan Rp 13.500 ribu per bulan. Nominal itu meningkat hingga Rp17.000 per bulan pada 2018 dan terus naik hingga akhir tahun ini. 

Kepala Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan, dan Perikanan Kota Surakarta (Dispertan) Weni Ekayanti menuturkan, pihaknya selalu gencar menyosialisasikan warga agar gemar makan ikan karena kandungan gizinya sangat bermanfaat. Terutama bagi kecerdasan anak-anak.

“Meskipun Solo bukan daerah penghasil ikan, pelatihan mengolah ikan terus diajarkan,” terangnya. 

Wakil Wali Kota Surakarta Achmad Purnomo berharap, data peningkatan konsumsi ikan memotivasi pedagang maupun orang tua menyajikan menu olahan ikan. Menurutnya, pengolahan ikan tidak hanya digoreng atau dibakar. Tapi bisa juga untuk bahan nugget maupun bakso. 

“Dengan diolah secara menarik, anak-anak tidak cenderung bosan. Untuk kuliner olahan ikan, penjual bisa memperlihatkan ikan yang hendak diolah pada konsumen. Dengan begitu konsumen yakin ikan yang dibeli berkualitas. Cara seperti itu kan bisa memicu kepuasan pelanggan untuk kembali datang ke warung untuk mengonsumi ikan," bebernya. (ves/wa)

(rs/ves/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia