Sabtu, 07 Dec 2019
radarsolo
icon featured
Solo

Akrab Teknologi e-Money Sejak Dini

17 November 2019, 13: 30: 59 WIB | editor : Perdana

SIMPEL: Murid SD Muhammadiyah 1 Ketelan menggunakan e-money saat membeli kebutuhan sekolah.

SIMPEL: Murid SD Muhammadiyah 1 Ketelan menggunakan e-money saat membeli kebutuhan sekolah.

Share this      

SOLO – Menuju 30 tahun Deklarasi Hak Anak Sedunia yang diperingati tiap 20 November, SD Muhammadiyah 1 Ketelan merayakannya dengan istimewa. Pihak sekolah menggencarkan pengunaan kartu e-money. Itu dilakukan dalam rangka mengikuti perkembangan dan kemajuan teknologi era revolusi industri 4.0.

Wakil Kepala SD Muhammadiyah 1 Ketelan Bidang Humas Jatmiko menuturkan, e-money adalah kartu pengganti uang sebagai alat transaksi yang terhubung dengan perangkat komputer dan terkoneksi dengan internet. Ini “memaksa” anak untuk mengakrabi dan memanfaatkan teknologi informasi, dan komunikasi secara positif dalam kehidupan sehari-hari.

“Sebagian orang membatasi literasi hanya kepada aktivitas membaca dan menulis. Tetapi sebenarnya tidak hanya terbatas aktivitas tersebut. Literasi  bisa mencakup semua aspek kehidupan, sehingga literasi dapat digolongkan menjadi beberapa jenis literasi, yaitu literasi informasi, literasi statistik, literasi teknologi, literasi visual, literasi kritikal, literasi data, literasi digital, literasi finansial dan literasi kesehatan,” bebernya kepada Jawa Pos Radar Solo.

“Dengan e-money anak-anak memiliki kemampuan memahami informasi yang berupa data, dalam hal ini anak mampu membaca data-data transaksi belanjanya selama satu hari bahkan sampai satu bulan. Dan mampu mengomunikasikannya kepada petugas maupun orangtua. Walaupun secara otomatis setiap transaksi akan dilaporkan kepada orang tua lewat pesan singkat (SMS),” sambungnya. (aya/wa)

(rs/aya/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia