Kamis, 12 Dec 2019
radarsolo
icon featured
Travelling

Menikmati Panorama Alam di Gunung Sepikul, Bulu, Sukoharjo

17 November 2019, 12: 45: 59 WIB | editor : Perdana

Menikmati Panorama Alam di Gunung Sepikul, Bulu, Sukoharjo

Mendaki gunung semakin digandrungi generasi milenial saat ini. Bagi pendaki pemula, mencoba Gunung Sepikul yang tingginya hanya 350 MDPL bisa jadi ajang pemanasan.

INGIN merasakan sensasi berdiri di atas ketinggian, namun belum siap mendaki jauh? Bisa mencoba menapaki Gunung Sepikul. Sensasi di puncak tidak kalah menakjubkan. Jika beruntung, kita juga bisa melihat negeri di atas awan, terutama saat berkabut.

Gunung Sepikul berada di Gunung Lor, Desa Tiyaran, Kecamatan Bulu, Sukoharjo. Lokasi bisa ditempuh sekitar 30 menit perjalanan atau 15 kilometer dari pusat Kota Sukoharjo. Rute termudah bisa melewati jalan utama Sukoharjo-Wonogiri ke arah selatan. Sampai di Terminal Giri Adipura, perjalanan berlanjut ke arah barat di Jalan Wonogiri-Klaten. Setelah sekitar 6,5 kilometer melewati Jalan Wonogiri - Klaten belok kiri di sebuah perempatan kecil. Di sepanjang jalan ini terdapat papan penunjuk arah ke Gunung Sepikul.

Gunung Sepikul sudah dikelola cukup baik. Kita tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam. Hanya cukup membayar parkir kendaraan Rp 2.000. Sementara tiket masuknya hanya ditarik seiklhasnya. Tempatnya juga bersih dan rindang. Jalannya beton, asyik untuk trekking.

Fasilitas yang tersedia terhitung komplet. Mulai dari kamar mandi, musala, tempat parkir, saung untuk beristirahat dan warung makan. Di area bawah, traveler akan merasakan kesejukan rindangnya pohon beringin.

Nah, bagi traveler yang ingin mendaki Gunung Sepikul perlu mempersiapkan fisik. Dan jangan lupa membawa bekal minum. Meski jarak tempuh menuju puncak hanya sekitar 10-15 menit, namun rute pendakian cukup menanjak. Pijakan berupa pasir dan bebatuan. Beberapa titik tanahnya berdebu, jadi sedikit licin. Selain itu, tak perlu takut tersesat karena warga telah memasang penunjuk jalan. Di tengah rute jika disediakan saung untuk istirahat.

Waktu yang paling tepat mendaki Gunung Sepikul saat pagi sekitar 05.00 - 08.30. Ataupun sore pukul 16.00. Pilihannya menikmati matahari terbit atau terbenam di atas gunung. Selain itu juga terdapat barisan Gunung Gajah Mungkur yang gagah di sebelah selatan. Jika sudah mencapai puncak, jangan lupakan juga pemandangan bukit-bukit di Gunung Kidul yang terletak di seberang.

Bukit yang berjejer dari timur ke barat serasa berada di pegunungan Eropa. Yang biasa dikenal warga setempat dengan barisan Gunung Gajah Mungkur. Selain itu area persawahan membentang di bawah gunung.

”Tempat ini kami rintis sejak 2015 lalu. Yang kemudian bisa berkembang seperti ini. Semoga lebih banyak wisatawan yang menyempatkan mampir tanpa merusak ekosistem Gunung Sepikul,” terang salah seorang Pengelola Objek Wisata Agung Wibowo. (rgl/adi)

(rs/rgl/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia