Kamis, 12 Dec 2019
radarsolo
icon featured
Travelling

Gunung Sepikul, Lekat dengan Legenda Bandung Bondowoso

17 November 2019, 13: 30: 59 WIB | editor : Perdana

Gunung Sepikul, Lekat dengan Legenda Bandung Bondowoso

TIDAK banyak yang tahu jika Kota Jamu Sukoharjo memiliki gunung api purba. Gunung Sepikul namanya. Buah dari letusan gunung api di Tenongan, Krisak ini merupakan salah satu kawahnya. Dipercaya lebih tua dari Gunung Api Purba Nglangger, Jogjakarta.

Gunung Sepikul terdiri dari dua gunung, masing-masing Gunung Kidul dan Gunung Lor. Struktur bebatuan di Gunung Sepikul terbentuk dari bekas gunung api purba. Traveler bisa menikmati kontur bebatuan hasil aktivitas gunung api purba di sepanjang pendakian. Dengan sudut kemiringan 40 sampai 60 derajat, traveler tak perlu khawatir akan kehabisan tenaga sampai ke puncak.

Nama Sepikul sendiri diambil dari legenda setempat. Mengenai Bandung Bondowoso yang membawa batu dengan dipikul. Batu yang diambil dari Pacitan tersebut rencananya akan digunakan untuk membangun candi sesuai permintaan Roro Jonggrang. Sialnya, ayam berkokok sebelum waktunya. Alhasil batu bawaannya terjatuh di Gentan, Bulu.

Terlepas dari legenda Gunung Sepikul, ada enam batu yang mempunyai nama. Karena bentuk batu tersebut terbilang unik dan tidak biasa. Seperti Watu Giring, Watu Tumpuk, Watu Jaran, Watu Pawon, Watu Kandang dan Watu Tindik. Nah, bagi traveler yang penasaran, langsung saja ke lokasi. (rgl/adi)

(rs/rgl/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia