Sabtu, 07 Dec 2019
radarsolo
icon featured
Sukoharjo

1.716 Penari Meriahkan Indonesia Menari, Kolaborasi Tradisional-Modern

18 November 2019, 08: 00: 59 WIB | editor : Perdana

Peserta Indonesia Menari 2019 di The Park Mall Solo Baru

Peserta Indonesia Menari 2019 di The Park Mall Solo Baru (DAMIANUS BRAM/RADAR SOLO)

Share this      

SUKOHARJO - Kota Solo kembali didapuk menjadi tuan rumah Indonesia Menari 2019. Sedikitnya 1.716 peserta menunjukkan aksi terbaik mereka dalam perhelatan yang digelar Bakti Budaya Djarum Foundation di The Park Mall Solo Baru, Minggu (17/11).

Business and Marketing Director The Park Mall Danny Johanes mengatakan, ini menjadi kali ketiga The Park Mall dipilih sebagai tempat acara Indonesia Menari. Menurutnya, baik Djarum Foundation dan The Park Mall sama-sama ingin menggaet antusias kalangan milenial.

"Melalui event ini kami ingin generasi milenial bisa mencintai dan melestarikan budaya Indonesia di tengah gempuran budaya asing yang masuk," kata Danny.

Sementara itu, Program Direktor www.indonesiakaya.com Renitasari Adrian mengatakan, dengan kegiatan ini diharapkan dapat memperkenalkan kembali gerakan tari Indonesia. Apalagi penyajiannya telah dikolaborasikan dengan tari modern. Sehingga diharapkan bisa menambah antusias generasi muda.

"Antusias masyarakat cukup tinggi. Semoga melalui gelaran Indonesia Menari, semangat cinta budaya semakin meluas di masyarakat," papar dia. 

Perhelatan Indonesia Menari di Kota Solo diikuti 1.716 peserta, melebihi jumlah awal hanya 1.300 peserta. Selain di Kota Solo, pagelaran ini juga diselenggarakan di enam kota lain. Yakni Jakarta, Bandung, Semarang, Palembang, Makassar, dan Medan.

Peserta berasal dari berbagai kalangan, baik perorangan dan komunitas generasi milenial, sanggar tari, komunitas pencinta tari, bahkan sekolah dan universitas. Peserta harus menyajikan tarian adat nusantara yang dikolaborasikan dengan tari modern.

Pada perhelatan ini, penyelenggara mendapuk produser musik muda Indonesia Jevin Julian. Jevin telah mengaransemen lagu daerah dengan musik modern. Di antaranya lagu daerah Angin Mamiri, Ondel-Ondel, Sik Sik Si Batu Manikam, Dek Sangke, Gundul-Gundul Pacul, dan Manuk Dadali yang di-mix dengan musik elektronik.

Masing-masing peserta diberi waktu 4 menit untuk menampilkan koreografinya.
"Penilaian dibagi dalam kategori individu dan kelompok. Penilaian juga dilihat dari kekompakan, kreasi, semangat, dan kostum yang dikenakan. Seperti kostum modern etnik," kata Novita, juri Indonesia Menari 2019.

Setelah proses penjurian, sejumlah nama pemenang langsung diumumkan. Pemenang untuk kategori individu diraih Caliztha Kirana Dewi, Wildan Diash, Shakira Diva, Sulaiman, dan Mega Sukma.

Sementara untuk kategori kelompok, juara pertama dimenangkan Anbrantara. Disusul Progressive Art dan Sanggar Pradnya. Juara favorit diraih Caya Kumala. (rgl/ria)


(rs/rgl/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia