Sabtu, 07 Dec 2019
radarsolo
icon featured
Klaten

Puncak HKN di Klaten, Terus Perkuat Layanan Aplikasi Matur Dokter

18 November 2019, 08: 35: 59 WIB | editor : Perdana

Bupati dan jajaran Dinkes Klaten meluncurkan ambulans dan pelantikan kader Matur Dokter pada puncak peringatan HKN

Bupati dan jajaran Dinkes Klaten meluncurkan ambulans dan pelantikan kader Matur Dokter pada puncak peringatan HKN (ARIEF BUDIMAN/RADAR SOLO)

Share this      

KLATEN - Gelaran puncak Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-55 bertema Generasi Sehat Indonesia Unggul di Alun Alun Klaten, Minggu (17/11) pagi berlangsung meriah. Dalam acara tersebut dilakukan pelantikan kader dan peluncuran ambulans Matur Dokter oleh Bupati Klaten Sri Mulyani.

Aplikasi Matur Dokter yang telah dikembangkan Dinas Kesehatan (Dinkes) Klaten selama satu tahun belakangan kian memperkuat layanan kesehatan.

“Saya harapkan inovasi dan peluncuran ambulans Matur Dokter ini tidak sekadar seremonial. Diharapkan mampu dilaksanakan secara berkelanjutan dengan memberikan layanan kesehatan kepada masyarakat secara gratis. Saya harapkan warga Klaten mengunduh aplikasi Matur Dokter di smartphone-nya masing-masing,” jelas Bupati Klaten Sri Mulyani usai peluncuran.

Lebih lanjut Mulyani mengharapkan, jajaran dinkes bisa menyiapkan SDM yang mumpuni dan tanggap untuk mengimbangi antusiasi masyarakat terhadap layanan Matur Dokter. Mampu menghadirkan layanan kesehatan kepada masyarakat yang cepat dan gratis dari puskesmas maupun rumah sakit terdekat.

Mulyani mengapresiasi layanan Matur Dokter yang sudah mampu menjangkau hingga pelosok daerah, seperti di lereng Merapi. Terlebih lagi sebelumnya ada warga Dusun Girpasang, Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang yang bisa dilayani dengan begitu sigap oleh para tenaga kesehatan meski akses jalan menuju lokasi begitu terjal.

“Saat itu ada laporan di Twitter terdapat warga di dusun yang terisolir sedang ditandu karena sakit. Tetapi melalui layanan aplikasi Matur Dokter, ada dokter yang berkunjung selama proses penyembuhan. Itulah manfaat dari hadirnya aplikasi Matur Dokter ini,” jelas Mulyani.

Apalagi kini telah diluncurkan ambulans Matur Dokter sehingga bisa digunakan untuk menjemput pasien ke layanan kesehatan terdekat. Terutama bagi warga yang tidak memiliki sarana dan prasarana maupun kurang mampu secara ekonomi. Kemudian, hadirnya kader Matur Dokter di setiap desa menjadikan aplikasi layanan kesehatan itu semakin kuat.

Sementara itu, Kepala Dinkes Klaten Cahyono Widodo mengatakan, kehadiran aplikasi Matur Dokter selama satu tahun ini memudahkan masyarakat dalam mengakses kegawatdaruratan dan layanan kesehatan lainnya.

“Kami ingin mencoba dengan kehadiran kader Matur Dokter di masing-masing desa untuk semakin memudahkan masyarakat dalam mengakses layanan Matur Dokter. Diharapkan para kader siap melaksanakan tugasnya selama 24 jam penuh ketika ada masyarakat yang membutuhkan layanan kesehatan,” jelas Cahyono.

Ketika terjadi kegawatdaruratan, masyarakat bisa menekan tombol yang ada di aplikasi. Sehingga para tenaga kesehatan bisa langsung mendatangi lokasi untuk segera memberikan penanganan. Mereka terdiri dari dokter, bidan, farmasi, dan sopir.

Sementara itu, dalam gelaran puncak HKN juga diselenggarakan senam sehat bersama, deklarasi open defecation free (ODF) atau bebas buang air besar tingkat kabupaten. Termasuk pencanangan RW sehat dan dimeriahkan pameran expo kesehatan. Para pengunjung juga dihibur Pecas Ndahe Band serta pembagian doorprize menarik lainnya. (ren/ria)

Senam bersama jadi salah satu kegiatan seru pada puncak peringatan HKN di Klaten

Senam bersama jadi salah satu kegiatan seru pada puncak peringatan HKN di Klaten (ARIEF BUDIMAN/RADAR SOLO)

(rs/ren/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia