Sabtu, 07 Dec 2019
radarsolo
icon featured
Wonogiri

Pemkab Wonogiri Ancang-Ancang Terapkan E-Retribusi

18 November 2019, 15: 38: 05 WIB | editor : Perdana

MEGAH: Pasar Wonogiri Kota akan diterapkan e-retribusi.

MEGAH: Pasar Wonogiri Kota akan diterapkan e-retribusi. (IWAN KAWUL/RADAR SOLO)

Share this      

WONOGIRI – Pemkab mulai ancang-ancang terapkan penggunaan E-Retribusi. Sistem retribusi secara elektronik ini sebagai upaya untuk retribusi yang efektif dan transparan.

Kepala Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangn Wahyu Widayati mengatakan, untuk menjamin efisiensi, efektivitas dan transparansi penerimaan retribusi, pihaknya akan menerapkan sistem E-retribusi. Selama ini, retribusi dilakukan secara manual dengan karcis retribusi.

”Ke depan kita akan gunakan e-retribusi, saat ini sedang dipersiapkan,” kata Wahyu Widayati, kemarin (17/11).

Menurut Wahyu, e-retribusi adalah pembayaran retribusi pasar rakyat melalui sistem non tunai. Nantinya akan diterapkan di seluruh pasar tradisional di Wonogiri.

”Saat ini baru tahap rakor dan menyiapkan data. Nanti akan dilakukan di semua pasar tradisional, tapi bertahap. Untuk pilot project-nya hanya di satu pasar umum tradisional,” katanya.

Menurut Wahyu, perjalanan e-retribusi ini masih cukup panjang. Karena masih banyak hal yang harus disiapkan. Karena, hal ini merupakan sistem yang baru di Wonogiri.

”Kita masih harus siapkan regulasinya seperti apa, sarana dan prasarananya,” ujar Wahyu.

Selain itu, sumber daya manusia juga harus disiapkan. Baik pegawai pemungut retribusinya atau pedagangnya. Untuk itu, sosialisasi perlu dilakukan secara masif dan terus menerus nantinya. (kwl/adi)

(rs/kwl/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia