Sabtu, 25 Jan 2020
radarsolo
icon featured
Pendidikan

SDM Pertekstilan Melimpah

25 November 2019, 11: 45: 59 WIB | editor : Perdana

GREAT SKILL: Wisuda AK Tekstil Surakarta, Sabtu (23/11).

GREAT SKILL: Wisuda AK Tekstil Surakarta, Sabtu (23/11). (SERAFICA GISCHA P/RADAR SOLO )

Share this      

SOLO – Akademi Komunitas Industri Tekstil dan Produk Tekstil (AK Tekstil) Surakarta menggelar Sidang Terbuka Wisuda Angkatan III Program Diploma II (D2) di aula kampus setempat, Sabtu (23/11). Mewisudas 184 lulusan. Terdiri dari 41 wisudawan Teknik Pembuatan Benang, 53 wisudawan Teknik Pembuatan Kain Tenun, dan 90 wisudawan Teknik Pembuatan Garmen.

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri AK Tekstil Surakarta Eko S.A. Cahyanto menjelaskan, AK Tekstil mencetak sumber daya manusia (SDM) berkompeten. Serta menguasai pengetahuan, ketrampilan, dan perilaku yang dibutuhkan kalangan industri. 

“Apa yang dibutuhkan industri, kami menyesuaikan. Sekarang ini tak hanya mencetal di level operator, tetapi juga middle. Atau operator ahli yang saat ini kebutuhannya cukup besar di industri. Dan lulusan angkatan ketiga ini sudah jauh lebih besar dibanding tahun sebelumnya,” jelas Eko.

Diakui Eko, minat pendaftar di AK Tekstil cukup besar. Namun AK Tekstil tidak menerima semuanya. Mengacu peraturan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengenai rasio seimbang antara dosen, sarana belajar, dan mahasiswa. Agar tercipta sistem belajar maksimal. 

Sementara itu, wisuda dihadiri Ketua Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) Ade Sudrajat. Dia menyebut Jateng pusat pertumbuhan industri dan produk tekstil. Sejak dari hulu sampai hilir. 

“Solo akan jadi roll model sebuah pendidikan skill dan memiliki mental karakter industri. Bukan hanya rumahan. Ini (AK Tekstil) satu-satunya sekolah yang punya character building sekaligus mindset industri bagus,” bebernya. (rls/gis/fer)

(rs/gis/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia