Jumat, 24 Jan 2020
radarsolo
icon featured
Sragen

Sanca Peneror Warga Ditangkap, Sudah Habiskan Belasan Ternak

25 November 2019, 14: 59: 38 WIB | editor : Perdana

BIKIN RESAH: Ular Sanca Kembang yang ditangkap warga Dayan, Desa Gading, Tanon.

BIKIN RESAH: Ular Sanca Kembang yang ditangkap warga Dayan, Desa Gading, Tanon. (AHMAD KHAIRUDIN/RADAR SOLO)

Share this      

SRAGEN – Teka-teki penyebab hilangnya hewan ternak warga Dayan, Desa Gading, Kecamatan Tanon, akhirnya terjawab. Belasan ayam, mentok, bebek, anak kambing hingga kelinci yang lenyap sejak Januari lalu, ternyata disantap seekor ular Sanca sepanjang 3,5 meter lebih.

Ular tersebut berhasil ditangkap warga, Sabtu lalu (23/11). Awang Saputra, 27 salah seorang warga Dayan awalnya sempat bingung dengan hewan ternaknya yang terus menghilang. Mulai dari ayam, mentok, hingga satu anak kambingnya. Padahal kandang miliknya sudah terkunci rapat.

Peristiwa itu juga dialami empat tetangga dekatnya. Mereka kehilangan belasan hewan ternaknya selama kurun waktu Januari hingga November. Akhirnya ular tersebut berhasil ditangkap warga secara beramai-ramai di rumah Awang.

”Penangkapannya sekitar jam 02.00. Saya curiga ada suara berisik di kandang kambing,” jelas Awang kepada Jawa Pos Radar Solo, kemarin (24/11).

Saat akan ditangkap, ular jenis Sanca kembang itu sudah melilit itiknya. Awang lantas membangunkan orang tuanya yakni Kasmin, 51 dan tetangga. ”Waktu itu ya kaget, lihat ular besar itu di kandang belakang rumah. Suara gaduh saya kira ada maling,” bebernya.

Warga kemudian beramai -ramai datang membantu. Salah seorang warga juga sempat dililit tangannya. Namun bisa dilepas dan ular berhasil dilumpuhkan. Saat diukur, panjangnya mencapai 3,5 meter. ”Ularnya dibawa ke daerah waduk Lalung Karanganyar untuk dipelihara,” kata dia.

Tercatat hilangnya hewan ternak sejak awal 2019. Setiap dua sampai tiga Minggu sekali, ada lima rumah yang sering jadi sasaran. Kehilangannya mulai ayam, mentok, bebek, anakkambing dan kelinci.

Sekadar informasi, hewan buas cukup sering ditemukan di wilayah Sragen. Sebelumnya pada Rabu (20/11), seekor buaya ditemukan warga di Sungai Gendol Kecamatan Tangen yang merupakan anak Sungai Bengawan Solo. Saat ini buaya tersebut sudah ditangani dan diamankan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Tengah (Jateng). (din/adi)

(rs/din/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia