Minggu, 26 Jan 2020
radarsolo
icon featured
Olahraga

Justin Tembus Skuad Timnas U-16

26 November 2019, 12: 00: 59 WIB | editor : Perdana

MEMBANGGAKAN: Justin Jaya Wiyanto (berdiri pojok kiri) bergabung dengan skuad Timnas U-16 di kejuaraan invitasi bola basket di Tangerang Selatan.

MEMBANGGAKAN: Justin Jaya Wiyanto (berdiri pojok kiri) bergabung dengan skuad Timnas U-16 di kejuaraan invitasi bola basket di Tangerang Selatan. (DOK. PERBASI)

Share this      

TANGERANG SELATAN – Buah jatuh tak jauh dari pohonnya. Mungkin itu kata yang pas untuk menggambarkan potensi Justin Jaya Wiyanto. Bintang SMA Warga dan klub Bhinneka Solo ini, kini sukses mengenakan jersey Timnas U-16. Timnas ini kini tengah berjuang di event Indonesia International Junior Basketball Invitation Tournament 2019 di The Hawk Stadium Expindo Center, BSD City, Tangerang Selatan, Banten (26-30/11).

Justin sukses mengikuti jejak dua orang tuanya yang juga sempat berseragam merah putih. Ayahandanya, Wempi Wiyanto sempat masuk di skuad Timnas junior tahun 1994-1995. Sedangkan ibunda Justin, Linda Wijaya jadi bagian dari Timnas putri yang terjun di ajang SEA Games 2001 di Malaysia.

”Kalau lihat potensinya, dia (Justin) memang benar-benar mencurahkan banyak waktunya untuk mengasah skillnya. Dia sehari bisa latihan sampai empat kali. Dan itu tanpa disuru orang tuanya,” terang Wempi Wiyanto kepada Jawa Pos Radar Solo kemarin.

Sementara itu di ajang Invitasi Basket Junior Internasional di Tangerang Selatan ini, Indonesia menurunkan empat tim. Yaitu dua tim putra dan dua tim putri. Di kategori putra, pesertanya adalah Timnas Indonesia U-16, Indonesia U-17, Malaysia Tiger U-19 dan Siglap Singapura U-19. Sedangkan untuk kategori putri, Timnas U16 dan U-17 Putri Indonesia juga akan saling berhadapan dengan Malaysia Tiger U17 dan Malaysia Supersports Wildcats U21.

Turnamen ini bertujuan memberikan pengalaman dan kesempatan kepada para pemain Timnas U16 yang sudah di seleksi pertengahan tahun ini. Selain itu juga sebagai ajang persiapan, seleksi, dan pemantauan atlet untuk kompetisi timnas junior di tahun 2020 nanti, salah satunya adalah FIBA Asia Cup U18 for Women.

Timnas U-16 dilatih oleh Wahyu Budi Santoso, yang dibantu oleh Docta Ignoran Pambudi dan Rommy Chanda sebagai asisten pelatih.

“Justin sendiri sudah menjalani serangkaian seleksi, untuk bisa masuk di Timnas U-16. Dia mulai seleksi di Cirebon pertengahan tahun ini, dan tanggal 17 (November) setelah dari DBL Camp (di Surabaya) Justin hanya sebentar di Solo dan langsung menuju ke Jakarta untuk mengikuti seleksi akhir. Dari 18 yang ikut seleksi, dipilihkan 12 pemain. Bersyukur Justin termasuk yang terpilih,” terangnya. (nik)

SKUAD TIMNAS BOLA ABSKET U-16

Justin Jaya Wiyanto (Sukoharjo)

M Saddam Pandu (Jakarta)

Rafael Pasha (Jakarta)

Darren Lo (Jakarta)

Atyastya Prawira (Jakarta)

Yehezkel Mahesvara (Jakarta)

Kiefer Howen (Jakarta)

Nathanael Richard Wasistha (Temanggung)

Bagoes Hadi Prasetyo (Surabaya)

Fransiscus Gerick (Madiun)

Putu Bagus Satya (Denpasar)

Naufal Narendra (Semarang)

(rs/NIK/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia