Kamis, 12 Dec 2019
radarsolo
icon featured
Boyolali

Satpol PP Pelototi Tambang Ilegal Boyolali

26 November 2019, 16: 50: 10 WIB | editor : Perdana

TEGAS: Penutupan tambang galian C di Boyolali.

TEGAS: Penutupan tambang galian C di Boyolali. (TRI WIDODO/RADAR SOLO)

Share this      

BOYOLALI – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Boyolali aktif menggelar patroli. Menyasar praktik tambang galian C ilegal. Jika ada temuan, bakal dilakukan upaya penindakan.

“Misalnya ada satu tambang beroperasi. Kami langsung tindaklanjuti. Paling mudah dan efektif yakni mengecek perizinannya,” kata Kasi Penindakan Satpol PP Boyolali Tri Joko Mulyono, kemarin (25/11).

Tri Joko menambahkan, syarat normatif perizinan harus dipenuhi terlebih dulu sebelum memulai usaha. Termasuk penambangan galian C.  supaya tak ada pihak yang dirugikan. “Kalau penambangan jelas merusak alam. Sebab setelah selesai menambang, tidak dilakukan reklamasi,” ujarnya.

Tri Joko menjelaskan, penambangan menimbulkan efek domino. Selain kerusakan alam, juga minimnya pajak yang masuk ke kas daerah. “Kalau ilegal, jelas tidak bayar pajak hasil tambang. Padahal pembangunan daerah sumbernya dari pajak,” bebernya.

Satpol PP juga meminta peran aktif masyarakat dalam pengawasan. “Masyarakat harus lebih kritis. Jika melihat penambangan, bisa melapor kepada aparat pemerintah desa atau pihak-pihak lain yang berkompeten,” terangnya. (wid/fer)

(rs/wid/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia