Kamis, 20 Feb 2020
radarsolo
icon featured
Klaten

Motor Baru Bikin Semangat Kades Baru

26 November 2019, 18: 51: 50 WIB | editor : Perdana

TEST DRIVE: Bupati Klaten Sri Mulyani menjajal Yamaha NMAX, motor dinas baru milik kades dan lurah di Pendapa Pemkab Klaten, kemarin pagi (26/11).

TEST DRIVE: Bupati Klaten Sri Mulyani menjajal Yamaha NMAX, motor dinas baru milik kades dan lurah di Pendapa Pemkab Klaten, kemarin pagi (26/11). (ANGGA PURENDA/RADAR SOLO)

Share this      

KLATEN – Motor dinas Yamaha NMAX warna merah resmi diserahkan kepada kepala desa (kades) dan lurah se Kabupaten Klaten, kemarin (26/11). Diserahkan langsung Bupati Klaten Sri Mulyani di Pendapa Pemkab Klaten. Bupati mengimbau kades dan lurah agar 401 unit motor dinas itu digunakan sesuai peruntukan.

Dalam sambutannya, bupati mengingatkan kades dan lurah agar tidak menggunakan motor dinas untuk jalan-jalan serta keperluan pribadi. Khusus diperuntukkan menunjang tugas dan tanggung jawab sebagai pimpinan di wilayah masing-masing.

“Ini kan pelat merah, jangan sampai diganti pelat hitam tetap saja ketahuan kalau itu kades dan lurah dari Klaten. Soalnya kades dan lurah yang diberi motor dinas warna merah ya cuma di Klaten,” tegas Sri Mulyani.

APRESIASI :Kades Karanglo Yudi  Kusnandar menyerahkan kendaraan operasional baru kepada THL desa pemdes setempat.

APRESIASI :Kades Karanglo Yudi  Kusnandar menyerahkan kendaraan operasional baru kepada THL desa pemdes setempat. (ANGGA PURENDA/RADAR SOLO)

Tak lupa bupati meminta motor dinas baru dirawat dengan baik. “Kami beri kendaraan roda dua ini untuk menujang kerja bapak-ibu sekalian. Jaga dan rawat dengan baik, serta manfaat sebaik-baiknya. Saya serahkan ini ya harus diopeni,” ujarnya.

Pada kesempatan ini, bupati sempat menjajal motor dinas baru tersebut. Sebagai catatan, harga satu unit motor Rp 27,5 juta. Sedangkan total anggaran yang digelontorkan Rp 11 miliar. Juga diserahkan motor dinas baru untuk kasi trantrib di tiap kecamatan. Berupa 26 unit Honda Supra X 125. Harga satu unit Rp 18,2 juta dengan total anggaran Rp 473,2 juta.

Lurah Gergunung, Kecamatan Klaten Utara Sugeng Slameta mengapresiasi bantuan motor dinas baru dari pemkab. “Nanti bukan saya saja yang pakai. Perangkat lainnya boleh pakai untuk keperluan dinas. Tapi tetap saya bawa pulang ke rumah, tidak ditinggal di kelurahan,” bebernya.

Ada Kades yang Pilih Gunakan Kendaraan Pribadi

TIDAK semua kepala desa yang menerima kendaraan operasional baru Yamaha NMAX menggunakan fasilitas tersebut. Kepala Desa Karanglo Yudi Kusnandar memilih untuk menggunakan kendaraan milik pribadi untuk mendukung aktifitas sebagai kepala desa diperiode ketiga ini.

Fasilitas kendaraan yang diterima kemarin, (26/11) digunakan untuk operasional di kantor desa. Hendy Sidig Wicaksono nama Tenaga harian lepas (THL) yang menerima Yahama NMAX. Ke depan diharapkan kendaraan warna merah ini dapat membantu  dan melancarkan pekerjaan THL tersebut.

“Motor ini tidak diberikan, tapi diserahkan untuk dimanfaatkan sebagai kendaraan operasional. Yang bersangkutan (Hendy Sidig Wicaksono) sudah dua tahun bekerja di Kantor Desa Karanglo. Tidak hanya dia yang bisa menggunakan kendaraan tersebut, peangkat desa maupun pegawai lain boleh,” ujar Kades Karanglo Yudi Kusnandar.

Dia  mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Klaten atas pemberian kendaraan operasional untuk kepala desa.  Sepeda motor operasional tersebut akan membantu dan melancarkan tugasnya dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. 

“Kami sangat senang dengan kebijakan ini. Berarti pemerintah serius memperhatikan kepala desa. Selama kendaraan baru digunakan pegawai pemdes, saya akan menggunakan kendaraan pribadi. Ini tidak akan mengganggu kinerja saya sebagai kepala desa,” imbuhnya.

Penggunaan kendaraan operasional dari pemerintah oleh pegawai pemdes sudah dilakukan sejak awal menjadi kepala desa. Langkah yang dilakukan tidak mengganggu pelayanan yang diberikan kepada masyarakat. Bahkan dengan langkah yang dilakukan justru melancarkan pelayanan.(ren/oh)

(rs/ren/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia