Minggu, 26 Jan 2020
radarsolo
icon featured
Solo

20 Titik Pipa Bocor PDAM Siap Diperbaiki

27 November 2019, 07: 05: 59 WIB | editor : Perdana

RUSAK: Petugas PDAM memperbaiki jalan rusak akibat pipa bocor di Jalan Slamet Riyadi, kemarin (26/11).

RUSAK: Petugas PDAM memperbaiki jalan rusak akibat pipa bocor di Jalan Slamet Riyadi, kemarin (26/11). (DAMIANUS BRAM/RADAR SOLO)

Share this      

SOLO – Proses pemindahan pipa air bersih milik Perusahaan Umum Daerah Air Minum (PDAM) Solo di Purwosari memicu kerusakan jalan di 20 titik. Perusahaan plat merah ini siap memperbaiki kembali kerusakan tersebut. Namun, setelah perbaikan pipa bocor di sejumlah titik selesai dikerjakan.

Humas PDAM Kota Surakarta Bayu Tunggul memastikan lubang jalan itu bakal segera ditutup aspal pasca perbaikan pipa bocor selesai dikerjakan. “Kebocoran pipa PDAM ini merupakan efek dari pemotongan dan penyambungan pipa di Purwosari yang kami kerjakan Kamis lalu. Kami akan segera perbaiki,” kata dia, Selasa (26/11).

Sebelum fokus pada upaya pengaspalan lubang jalan, pihaknya akan fokus pada penanganan pipa bocor terlebih dahulu. Mengingat, pipa yang bocor itu merupakan pipa berusia cukup tua. Perbaikan yang dilakukan sedikit rumit, mulai dari upaya penambalan hingga penggantian pipa baru. Sebab itu, upaya perbaikannya sedikit memakan waktu.

“Kebanyakan kebocoran terjadi wilayah Kartasura dan sepanjang Jalan Slamet Riyadi. Ini fokus perbaikan pipanya dulu sehingga bisa dipastikan tak ada air yang bocor. Setelah ini selesai baru dilakukan pemadatan. Ini perlu waktu,” tegas Bayu. 

Pantauan Jawa Pos Radar Solo, lubang jalan di beberapa titik itu telah diberi tanda pembatas oleh Dinas Perhubungan Kota Surakarta agar tidak dilalui kendaraan dan bertambah parah. Sejumlah petugas pun sesekali ikut mengurai lalu lintas padat disekitar lubang jalan tersebut. 

“Sementara ini kita beri tanda dan antisipasi dengan mengatur lalu lintas sampai ada perbaikan,” ucap Kasi Manajemen dan rekayasa lalu lintas Dinas Perhubungan Kota Surakarta, Mudo Prayitno. (ves/bun)

(rs/ves/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia