Senin, 27 Jan 2020
radarsolo
icon featured
Solo

3.000 Warga Miskin Tinggal di Luar Kota

27 November 2019, 14: 36: 08 WIB | editor : Perdana

ilustrasi

ilustrasi

Share this      

SOLO – Sedikitnya 3.000 warga miskin (gakin) Kota Solo diperkirakan tinggal di luar kota. Pemkot bakal melakukan verifikasi data tahun depan. 

Kepala Bidang Fakir Miskin Dinas Sosial (Dinsos) Kota Surakarta Dian Renata mengatakan, akhir September lalu jumlah gakin yang harus diverifikasi  tersisa 10 ribu jiwa. Proses tersebut harus rampung di tiga pekan ke depan. Sampai saat ini proses masih berjalan. Langkah itu diambil untuk memperbarui data gakin setiap dua tahunan sebelum dimasukkan dalam surat keputusan (SK) wali kota.

“Laporan sementara, ada gakin yang sudah tidak menjadi prioritas (P) 1, tapi ada pula yang semula P3 turun ke P1. Semuanya sudah masuk sistem informasi kesejahteraan elektronik (E-SIK),” katanya, Selasa (26/11).

Dian mengatakan, dari 10 ribuan data itu, diperkirakan 30 persen di antaranya merupakan duplikasi atau warga yang sudah tidak berdomisili di Solo. Data yang sudah masuk E-SIK yang lantas ditetapkan dalam SK Wali Kota menjadi basis data awal intervensi pemerintah.

“Pada 2020 kami akan memperbarui data gakin secara keseluruhan menggunakan aplikasi Android E-SIK yang dirilis September lalu,” terangnya.

Dari data gakin yang sudah diverifikasi, sebagian tidak ditemukan oleh petugas. Pihak kelurahan selanjutnya diminta menggelar uji publik untuk memastikan kebenaran tidak ditemukannya data itu. Hal itu juga merupakan langkah dinsos agar tidak ada lonjakan data tidak valid saat pembaruan data gakin di 2020 mendatang.

Wali Kota Surakarta F.X. Hadi Rudyatmo menyebut verval data kemiskinan diharapkan membuat bantuan sosial program pengentasan kemiskinan menjadi tepat sasaran. Menurutnya, selama ini 80 persen penerima bansos tidak tepat sasaran.

“Kalau bisa hasil home visit (kunjungan ke rumah) oleh Tim Penanggulangan Kemiskinan Kelurahan (TPKK) yang masuk E-SIK itu menjadi sasaran utama bansos,” katanya. (irw/bun)

(rs/irw/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia