Kamis, 12 Dec 2019
radarsolo
icon featured
Boyolali

Kantor PA Boyolali Segera Pindah

28 November 2019, 09: 35: 59 WIB | editor : Perdana

SEPAKAT: Penandatanganan berita acara hibah antara Pemkab Boyolali dengan Mahkamah Agung, kemarin.

SEPAKAT: Penandatanganan berita acara hibah antara Pemkab Boyolali dengan Mahkamah Agung, kemarin. (TRI WIDODO/RADAR SOLO)

Share this      

BOYOLALI – Pengadilan Agama (PA) Boyolali akan boyongan ke kantor yang baru dalam waktu dekat. Tepatnya di Jalan Solo-Semarang, Kampung Pomah, Kelurahan/Kecamatan Mojosongo. Menepati lahan bekas kantor Kecamatan Mojosongo.

Pemindahan kantor PA tertuang dalam perjanjian hibah antara Pemkab Boyolali dengan Mahkamah Agung (MA) di rumah dinas bupati, kemarin (26/11). Penandatanganan perjanjian hibah dilakukan Bupati Boyolali Seno Samodro dengan Biro Perlengkapan MA Rosviana.

Sesuai perjanjian, pemkab menghibahkan bekas kantor Kecamatan Mojosongo. Sedangkan MA menghibahkan tanah dan bangunan lama PA di kawasan Simpang Siaga. “Kami berharap hibah ini bisa meningkatkan kinerja PA Boyolali. Sekaligus pelayanan terhadap masyarakat,” kata Rosviana.

Seno Samodro menambahkan, pemkab masih menyelesaikan pembangunan gedung PA yang baru. Khususnya halaman yang masih berupa tanah liat. Nantinya akan dipasang paving. “Gedung PA ini dibangunan dengan dana Rp 6-7 miliar. Mudah-mudahan 2020 sudah bisa ditempati,” terangnya.

Bupati menambahkan, gedung PA di Mojosongo luasnya dua kali lipat dibandingkan yang lama. Luasnya mencapai 4.000 meter persegi. “Lokasinya juga sangat strategis. Di pinggir jalan utama,” jelasnya.

Saat ini masih dibahas pemanfaatan gedung lama. Rencananya bakal disulap jadi kawasan parkir pengunjung Simpang Siaga dan perpustakaan. Sekaligus menampung pedagang yang selama ini berjualan di pinggir jalan kawasan Simpang Siaga.

Namun, pembangunan masih dikonsultasikan dulu dengan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah. Memastikan apakah seluruh bangunan merupakan cagar budaya atau hanya sebagian saja. (wid/fer)

(rs/wid/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia