Kamis, 12 Dec 2019
radarsolo
icon featured
Wonogiri

Pembunuh Caleg Dituntut Ringan

28 November 2019, 09: 35: 59 WIB | editor : Perdana

Pembunuh Caleg Dituntut Ringan

WONOGIRI – Terdakwa kasus pembunuhan Sugimin, 51, calon anggota DPRD Sragen dari Golkar pada Pileg 2019 lalu, Nurhayati, 41 dituntut pidana 16 tahun penjara. Sementara suaminya, Nurwanto, 42, dituntut 12 tahun penjara. Ada sejumlah pertimbangan Jaksa Penuntut Umum (JPU) tidak menjatuhkan tuntutan maksimal. 

JPU membacakan tuntutan saat sidang di Pengadilan Negeri (PN) Wonogiri, Selasa siang (27/11). JPU sekaligus Kepala Seksi (Kasi) Pidana Umum (Pidum) Kejaksaan Negeri (Kejari) Wonogiri, Bagyo Mulyono, menyampaikan, tuntutan tersebut merujuk dakwaan primer yang dinilai semua unsur-unsurnya terpenuhi berdasar fakta persidangan. Dakwaan itu yakni Pasal 340 KUHP tentang Pembunuhan Berencana junkto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

”Kita banyak pertimbangan kenapa tidak menuntut hukuman maksimal,” kata Bagyo Mulyono, kemarin (27/11).

Menurutnya, Nurhayati menyesali perbuatannya dan sudah meminta maaf kepada keluarga korban. Selain itu Nurhayati masih memiliki anak berusia sembilan tahun yang membutuhkan perhatian orang tua. Sementara tuntutan Nurwanto yang lebih rendah lantaran perannya tak sebanyak peran Nurhayati.

”Seorang terdakwa pembunuhan berencana bisa dituntut hukuman maksimal jika tidak menyesali perbuatannya dan tidak ada hal-hal yang meringankan,” terangnya.

Majelis hakim akan melanjutkan sidang pada Selasa (3/12) mendatang. Agendanya pledoi atau pembelaan kedua terdakwa. Saat sidang mereka menyatakan akan menyampaikan pledoi melalui penasihat hukum. (kwl/adi)

(rs/kwl/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia