Sabtu, 25 Jan 2020
radarsolo
icon featured
Klaten

Paguyuban Sayuk Rukun, Komitmen Lestarikan Kesenian Tradisional

29 November 2019, 11: 40: 59 WIB | editor : Perdana

Paguyuban Sayuk Rukun, Komitmen Lestarikan Kesenian Tradisional

KLATEN – Sejak pagi warga Paguyuban Sayuk Rukun Dusun Girimulyo, Desa Tibayan, Jatinom sibuk dengan berbagai aktifitas. Ada yang menyiapkan segala ubo rampe dalam rangka persiapan pentas seni budaya dan kearifan lokal yang sudah bekerjasama dengan kementerian Republik Indonesia.

Inilah sebagian dari kegiatan paguyuban yang terbentuk Tahun 2015 lalu.  Sayuk Rukun dihadapan perwakilan Kementerian Sosial RI Hari Santosa menampilkan beberapa seni tradisional, mulai gambyong parianom, tari semarangan serta karawitan.

“Terdapat berbagai kegiatan yang dimiliki paguyuban. Kami sering mengadakan latihan  tari tradisional, karawitan, kidung gerabah, lagon pawon (musik dapur), kegiatan alam, pembelajaran interaktif,” ujar Muh Ansori, salah satu pendiri Paguyuban Sayuk Rukun.

Dia menambahkan, paguyuban tersebut memiliki prinsip “menjaga desa sebagai desa”. Desa yang dimaksud memiiki nilai luhur, dengan budaya gotong royong sesama anggota masyarakat.  Tradisi yang sudah menjadi warisan nenek moyang agar dipertahankan di zaman modern ini.

“Saat ini paguyuban sayuk rukun mempunyai lebih dari 100 anggota  yang biasa kami sebut sebagai warga. Mereka berasal dari berbagai kalangan ada yang masih dari anak-anak, dewasa maupun berusia lanjut. Kami belajar seni tradisional bersama sehingga nilai nilai seni yang luhur dapat diteruskan untuk generasi masa depan,”imbuhnya.

Lebih lanjut Anshori mengapresiasi warga Paguyuban Sayuk Rukun yang berusia muda yang jumlahnya cukup banyak. Tekad untuk belajar seni tradisional menjadi kekuatan dalam melestarikan warisan nenek moyang bangsa ini.

“Kami tentu akan terus berlatih dan semangat untuk menjaga seni, budaya tradisional. Ini kewajiban sebagai anak bangsa agar kekayaan bangsa ini tetap lestari,” ungkapnya. (ren/oh)

(rs/ren/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia