Kamis, 12 Dec 2019
radarsolo
icon featured
Ekonomi & Bisnis

Pasien DBD Butuh Ion Mencukupi

02 Desember 2019, 14: 53: 32 WIB | editor : Perdana

JAGA KESEHATAN: Medical Discussion yang digelar Pocari Sweat di HARRIS Hotel, Sabtu (30/11).

JAGA KESEHATAN: Medical Discussion yang digelar Pocari Sweat di HARRIS Hotel, Sabtu (30/11).

Share this      

SOLO – Tidak semua pasien demam berdarah harus dirawat di rumah sakit. Seperti diutarakan dokter spesialis internist dr. Tatar Sumandjar dalam Pocari Sweat Medical Discussion di HARRIS Hotel, Sabtu (30/11). Menurutnya, demam berdarah bisa disembuhkan secara mandiri di rumah. 

Di hadapan ratusan dokter umum dan anak, Tatar menegaskan, pasien demam berdarah bisa disembuhkan dengan rawat jalan. Pasien harus dirawat di rumah sakit jika ada warning sign. Seperti muntah berlebihan, perut kembung, mimisan, gusi berdarah, dan berak hitam bercampur darah.

“Itu tanda pasien memberat dan harus mondok. Kalau gejalanya tidak memenuhi syarat dirawat di rumah sakit, bisa rawat jalan. Caranya minum banyak, istirahat banyak, dan jangan sembarangan minum obat dari toko. Tiap hari harus evaluasi ke dokter periksa darah secara rutin,” bebernya.

Tatar menambahkan, pasien demam berdarah butuh ion untuk menjaga keseimbangan elektrolit. Membantu proses pematangan trombosit yang bertugas menghentikan pendarahan. Sayangnya, paramedis belum banyak mengetahui pentingnya cairan elektrolit ini.

“Dokter-dokter perlu waspada dan mengetahui update penyakit ini. Agar pasien segera tertangani dengan cepat dan tepat,” imbuhnya.

Kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian Pocari Sweat terhadap kasus-kasus kesehatan akibat demam berdarah. Bertema Warning Signs and Fluid Management for Dengue Infection. Bekerja sama dengan Perhimpunan Dokter Umum Indonesia, serta didukung Ikatan Dokter Indonesia (IDI). 

“PT Amerta Indah Otsuka selaku produsen Pocari Sweat senantiasa berusaha memberikan kontribusi bagi kesehatan masyarakat menjadi lebih baik lagi. Sesuai filosofi perusahaan yakni Otsuka-people creating new products for better health worldwide,” sambung Marketing Director PT Amerta Indah Otsuka selaku Produsen Pocari Sweat Ricky Suhendar. (adv/aya/fer)

(rs/aya/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia