Kamis, 12 Dec 2019
radarsolo
icon featured
Boyolali

Karnaval Mobil Hias Kebanjiran Peserta

02 Desember 2019, 15: 18: 32 WIB | editor : Perdana

UNIK DAN MENARIK: Salah satu peserta Boyolali Smile of Java Carnival menaiki mobil hias sembari menyalakan flare di Jalan Pandanaran, Sabtu (30/11).

UNIK DAN MENARIK: Salah satu peserta Boyolali Smile of Java Carnival menaiki mobil hias sembari menyalakan flare di Jalan Pandanaran, Sabtu (30/11). (TRI WIDODO/RADAR SOLO)

Share this      

BOYOLALI – Pemerintah kabupaten (Pemkab) Boyolali menggelar Boyolali Smile of Java Carnival atau karnaval mobil hias, Sabtu (30/11). Mengangkat tema Flora Kriya. Karnaval memperebutkan hadiah uang tunai total Rp 180 juta ini diikuti 48 peserta.

Karnaval ini cukup meriah dengan mengambil dua kategori. Yakni kategori mobil hias dan kostum peserta. Peserta terdiri dari para model pendukung yang berjalan di depan mobil. Mendukung keberadaan mobil hias sesuai tema yang diusung.

Karnaval mengambil start dari Boulevard Sukarno, Komplek Setda Boyolali. Menyusuri Jalan Pandanaran dan finis di sisi timur Pasar Sunggingan. Lomba mobil hias dimenangi Bank Jateng, disusul UPT Dikdas LS Ampel dan Perumda Air Minum Tirta Ampera. Sedangkan juara lomba kustom diraih Amabarwa Custom Carnival, disusul Perumda Air Minum Tirta Ampera dan juara Traya Art.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Boyolali Abdul Rohman mengaku ajang ini kebanjiran peserta. Di luar dugaan diikuti 48 mobil hias. “Selain itu, mayoritas peserta juga ikut lomba kostum. Ini sebagai upaya branding nama Boyolali agar semakin dikenal masyarakat. Tak hanya di Jawa Tengah, namun juga seluruh pulau Jawa, bahkan nasional,” ucapnya.

Ada pesan moral di balik karnaval ini. Tak sekadar pamer mobil hias. Masyarkaat diajak melestarikan lingkungan. Salah satunya program penghijauan. “Tema yang kami angkat mengenai tumbuhan. Harapannya masyarakat semakin sadar akan pentingnya pelestarian lingkungan,” imbuhnya. 

Karnaval ini mendapat perhatian ribuan warga. Warga rela berpeluh keringat di pinggir jalan sepanjang jalur yang dilalui. “Bagus sekali. Jarang-jarang melihat karnaval sebesar ini. Sangat meriah. Boyolali tambah top,” ujar Ira Setyawati, 25, pengunjung asal Kota Solo. (wid/fer)

(rs/wid/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia