Minggu, 26 Jan 2020
radarsolo
icon featured
Klaten

BPBD Klaten: Waspadai Peralihan Musim

02 Desember 2019, 15: 30: 14 WIB | editor : Perdana

GOTONG ROYONG: Warga dan jajaran TNI bersihkan Sungai Mlese di Desa Bogor, Kecamatan Cawas, kemarin (1/12).

GOTONG ROYONG: Warga dan jajaran TNI bersihkan Sungai Mlese di Desa Bogor, Kecamatan Cawas, kemarin (1/12). (ANGGA PURENDA/RADAR SOLO)

Share this      

KLATEN – Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Klaten meminta seluruh kecamatan di Klaten mewaspadai potensi angin kencang. Sebab saat ini sudah memasuki peralihan musim dari kemarau ke penghujan.

“Angin kencang membuat pohon tumbang di sejumlah wilayah, beberapa waktu lalu. Baik di Kecamatan Karangdowo, Cawas, dan Karanganom. Tetapi sudah ditangani relawan dan tokoh masyarakat setempat,” jelas Kepala BPBD Klaten Sip Anwar, kemarin (1/12).

BPBD sudah mengeluarkan surat edaran pada 18 November terkait potensi angin kencang. Intinya mengimbau para camat menggerakan warga untuk antisipasi. Caranya, mengurangi ranting-ranting pohon besar. “Bencana angin kencang sulit diprediksi,” urainya.

Berdasarkan pemetaan, ada sejumlah kecamatan rawan dilanda angin kencang. Seperti Kecamatan Jatinom, Tulung, dan Ngawen. “Misalnya saja Kecamatan Jatinom. Ada beberapa desa yang memang rawan angin kencang. Yakni Desa Randulanang, Beteng, dan Tibayan,” terangnya.

Selain mengantisipasi angin kencang, juga mempersiapkan diri menghadapi bencana banjir. BPBD mengimbau warga giat melaksanakan bersih-bersih sungai di wilayah masing-masing. “Pastikan aliran sungai tidak tersumbat yang berpotensi banjir,” bebernya. (ren/fer)

(rs/ren/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia