Kamis, 12 Dec 2019
radarsolo
icon featured
Wonogiri

Damkar Berangus Sarang Tawon Vespa Berukuran Tabung Gas Elpiji

02 Desember 2019, 15: 36: 24 WIB | editor : Perdana

ANTISIPASI: Petugas damkar Satpol PP Wonogiri memusnahkan sarang tawon yang meresahkan warga Kaliancar, Selogiri.

ANTISIPASI: Petugas damkar Satpol PP Wonogiri memusnahkan sarang tawon yang meresahkan warga Kaliancar, Selogiri. (IWAN KAWUL/RADAR SOLO)

Share this      

WONOGIRI – Sarang tawon ndas jenis vespa yang telah meresahkan warga akhirnya dimusnahkan. Lima personel pemadam kebakaran Pemkab Wonogiri membakar sarang tawon sebesar tabung gas itu, Sabtu (30/11) malam.

Lokasinya di Lingkungan Tegalrejo RT 3 RW 5 Kelurahan Kaliancar, Kecamatan Selogiri. Selama dua pekan terakhir, warga setempat diresahkan dengan keberadaan sarang tawon ndas. Sarang tawon tersebut menempel di ranting pohon jati setinggi 4 meter. Lokasinya di pinggir jalan lingkungan dan berdekatan dengan rumah warga.

”Kalau lihat ciri-cirinya itu jenis tawon vespa yang berbahaya,” kata Eni warga setempat.

Warga tidak berani mendekat. Apalagi mengusik keberadaan sarang tawon tersebut. Namun, ramainya pemberitaan serangan tawon vespa di luar wilayah Wonogiri yang mengakibatkan korban meninggal dunia, membuat warga semakin resah.

”Akhirnya kami menghubungi tim pemadam kebakaran Kabupaten Wonogiri,” katanya.

Lima personel tim damkar dengan satu unit mobil pemadam lantas mendatangi sarang tersebut. Tim kemudian mengesekusi sarang tawon tersebut.

Masing-masing personel dengan bambu panjang telah diberi kain yang sudah disiram bahan bakar. Kemudian membakar sarang tawon itu. Tak ayal, warga yang semula berkerumun di sekitar lokasi tunggang langgang. Mereka khawatir tawon akan menyerang. Tidak sampai 30 menit, sarang tawon tersebut sudah berhasi dihanguskan.

”Selama 2019 ini sudah 22 kali damkar mengevakuasi sarang tawon ndas,” kata Kepala Satpol PP Kabupaten Wonogiri, Minggu (1/12).

Selain mengevakuasi sarang tawon, tim damkar juga sudah dibekali keahlian untuk mengevakuasi binatang buas dan berbisa. Misalnya ular yang seringkali meresahkan warga dengan memangsa ternak warga. (kwl/adi)

(rs/kwl/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia