Kamis, 12 Dec 2019
radarsolo
icon featured
Solo

Awas Sumbatan di Bawah Jembatan

03 Desember 2019, 14: 48: 45 WIB | editor : Perdana

ANTISIPASI BANJIR: Personel BPBD Surakarta bersihkan sungai dari sampah guna antisipasi banjir kemarin (12/2).

ANTISIPASI BANJIR: Personel BPBD Surakarta bersihkan sungai dari sampah guna antisipasi banjir kemarin (12/2). (SILVESTER KURNIAWAN/RADAR SOLO)

Share this      

SOLO – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Surakarta meminta masyarakat lebih jeli dalam mengawasi kebersihan sungai. Itu guna memastikan aliran sungai lancar di musim penghujan.

Kepala BPBD Kota Surakarta Eko Prajudhy Noor Aly mengatakan, dalam beberapa waktu terakhir, permintaan bantuan bersih sungai kerap diajukan masyarakat. Seperti di wilayah Mojosongo.

"Biasanya kami damping dengan bantuan personel dan perlengkapan seperti tali dan lain sebagainya," katanya, Senin (2/11).

Adapun titik rawan sumbatan akibat sampah yakni di bawah jembatan dan tikungan sungai. Selain sumbatan karena sampah, permasalahan lainnya yakni tingkat sedimentasi sungai makin parah. Tak jarang sedimentasi ditumbuhi beragam tanaman liar yang bisa menghambat laju air.

Lurah Mojosongo, Winarto mengungkapkan, agenda bersih sungai di RW 29 merupakan inisiatif warga setempat. Mengingat di kampung itu ada potensi wisata Kampung Buah. Ke depan, pengerukan sedimentasi dengan alat berat menyasar Sungai Kedung Jumbleng (Anak Kali Anyar, Red).

"Kelurahan kami dilintasi empat aliran anak Kali Anyar. Sedimentasinya pun cukup parah. Untuk persiapan hujan lebat, 60 personel Sibat Mojosongo selalu siaga. (ves/wa)

(rs/ves/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia