alexametrics
Selasa, 29 Sep 2020
radarsolo
Home > Pendidikan
icon featured
Pendidikan

SMA Batik 1 Surakarta Pelopor Digitalisasi Keuangan

03 Desember 2019, 14: 55: 04 WIB | editor : Perdana

PILOT PROJECT: MoU antara SMA Batik 1 Surakarta dan IDN.

PILOT PROJECT: MoU antara SMA Batik 1 Surakarta dan IDN.

Share this      

SOLO – SMA Batik 1 Surakarta telah menerapkan teknologi untuk beberapa aspek di sekolahnya. Kepala SMA Batik 1 Surakarta Sutana menuturkan, penerapan digitalisasi pendidikan sudah direncanakan sejak lima tahun silam. 

Digitalisasi pendidikan yang dilakukan melalui proses bertahap. Mulai dari pendaftaran peserta didik baru (PPDB) online, daftar hadir siswa dengan finger print, pembelajaran online di kelas, dan ulangan online. Baru-baru ini, coba melakukan digitalisasi keuangan sekolah agar lebih terstruktur dan transparan.

Penerapannya menggandeng Infradigital Nusantara (IDN). Tentang digitalisasi online di bidang pembayaran sekolah. Sekolah di bawah Yayasan Pendidikan Batik Surakarta (YPBS) ini menjadi yang pertama. Menurut Sutana, revolusi industri 4.0 sudah di depan mata. Dia ingin ini jadi peluang. Bukan jadi ancaman.

Tak hanya mudah dalam mengelola keuangan, transparan, dan aman. Variasi pembayaran lebih beragam. Dulu membayar sekolah terbatas di tata usaha. Sekarang bisa di minimarket, bank, dan aplikasi. 

Di balik integrasi digitalisasi keuangan, selalu ada proses penyesuaian dan biaya. Entah biaya administrasi atau proses alih teknologi dari manual ke online. Namun SMa Batik 1 Surakarta terus berusaha menyesuaikan diri.

Saat ini, hanya SMA Batik 1 Surakarta yang menerapkan konsep digitalisasi keuangan. Jadi pilot project di bidang digitalisasi keuangan. “Kami berharap sekolah kami jadi tonggak pertama digitalisasi keuangan sekolah se-Kota Surakarta,” tutur Sutana. (adv/fer)

(rs/fer/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya