Kamis, 12 Dec 2019
radarsolo
icon featured
Ekonomi & Bisnis

PT Angkasa Pura I Tertibkan PKL di Bandara

03 Desember 2019, 15: 05: 51 WIB | editor : Perdana

HARUS STERIL: Pesawat maskapai swasta take off di Bandara Internasional Adi Soemarmo, belum lama ini.

HARUS STERIL: Pesawat maskapai swasta take off di Bandara Internasional Adi Soemarmo, belum lama ini. (ARIEF BUDIMAN/RADAR SOLO)

Share this      

SOLO – Kawasan Bandara Internasional Adi Soemarmo dinilai kurang steril. Sebab banyak pedagang kaki lima (PKL) yang mangkal di sekitar runway. Menanggapi hal tersebut, PT Angkasa Pura (AP) I Bandara Internasional Adi Soemarmo bakal menertibkannya. 

Pengelola bandara khawatir keberadaan PKL dan keramaian pembelinya dapat membahayakan penerbangan. Terutama saat take off dan landing pesawat. Sekaligus membahayakan para PKL dan masyarakat setempat. Penertiban mengacu pada Undang-Undang Penerbangan Nomor 1 Tahun 2009 tentang Keselamatan dan Keamanan.

“Kami bersinergi dengan TNI AU melakukan penertiban pedagang dan masyarakat yang berada disekitar ujung runway 08. Penertiban ini dilaksanakan melalui upaya persuasif dengan sosialisasi terkait bahaya kecelakaan pesawat udara,” ungkap General Manager PT AP I Bandara Internasional Adi Soemarmo Abdullah Usman, kemarin (2/12).

Penertiban dilakukan untuk menjaga kelancaran lalu lintas di ujung runway 08. Di samping menjaga keselamatan dan keamanan penerbangan. Tujuannya agar tidak menimbulkan kemacetan yang berimbas mengganggu ketertiban umum.

“Saat ini para pedagang sudah kami arahkan untuk berjualan di lokasi yang sudah ditentukan. Kami sediakan tempat di sebelah selatan runway 08,” pintanya. 

Tidak dipungkiri, cukup banyak pedagang dan masyarakat yang beraktivitas di ujung runway 08. Berdasarkan pantauan, mereka umumnya menghabiskan waktu di sore hari. Sembari melihat pesawat landing maupun take off. (aya/fer)

(rs/aya/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia