Kamis, 12 Dec 2019
radarsolo
icon featured
Sukoharjo

Diterjang Angin Puting Beliung, 8 Motor Tertimpa Bangunan Warung

03 Desember 2019, 15: 25: 32 WIB | editor : Perdana

Diterjang Angin Puting Beliung, 8 Motor Tertimpa Bangunan Warung

SUKOHARJO – Angin puting beliung kembali menyapu wilayah Sukoharjo. Kali ini menerjang dua desa di Kecamatan Weru, yakni Desa Tawang dan Ngreco, Senin (2/11) sekitar pukul 14.30.

Akibatnya sebuah warung roboh menimpa beberapa motor. Sapuan angin kencang juga menyebabkan tujuh tiang lampu surya dan pohon ambruk.

Camat Weru Pandiyanto mengatakan, hujan deras disertai angin kencang terjadi sekitar pukul 14.30. "Ada satu rumah makan lama tidak terpakai roboh dan minimpa sepeda motor karyawan UPK PNPM Weru. Ada juga tujuh tiang lampu tenaga surya di sepanjang jalan raya Weru-Cawas roboh," jelasnya.

Tidak ada korban jiwa dalam musibah tersebut, sedangkan kerugian materiil diperkirakan lebih dari Rp 50 juta. Pihak kecamatan bersama masyarakat dan pihak terkait lainnya telah melakukan pembersihan dahan tumbang dan mengevakuasi tiang listrik tenaga surya yang menutup jalan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sukoharjo Sri Maryanto mengatakan, pihaknya bersama relawan telah melakukan evakuasi daerah terdampak.

"Ada dua warung yang terdampak. Satu milik Ibu Paidi di timur kantor Kecamatan Weru dan menimpa delapan motor, warung kedia milik Minhartono di Dukuh Tawang yang atap galvalumnya rusak," katanya.

Sementara itu, memasuki pancaroba, BPBD Sukoharjo mengimbau masyarakat meningkatkan kewapadaan. Sebab cenderung terjadi hujan deras dan angin kencang.

Masyarakat dapat memotong pohon yang sudah tua dan rawan tumbang, serta mengecek bangunan rumah. Sebelumnya, kejadian serupa menerjang beberapa daerah di Kecamatan Mojolaban, Polokarto, Sukoharjo dan Baki. (rgl/wa)

(rs/rgl/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia