Jumat, 24 Jan 2020
radarsolo
icon featured
Solo

Anggota DPRD Surakarta: Proyek IPAL Rp 914 Juta Asal-asalan

04 Desember 2019, 14: 28: 06 WIB | editor : Perdana

DISOROT: Komisi II DPRD Surakarta sidak proyek IPAL Komunal di Nusukan, Banjarsari, kemarin (3/12).

DISOROT: Komisi II DPRD Surakarta sidak proyek IPAL Komunal di Nusukan, Banjarsari, kemarin (3/12). (DAMIANUS BRAM/RADAR SOLO)

Share this      

SOLO – Proyek instalasi pengolahan air limbah (IPAL) komunal di RT 6 RW 24 Nusukan, Banjarsari, dinilai dikerjakan asal-asalan. Komisi II DPRD Surakarta menuding bahwa proyek senilai Rp 914 juta tersebut dikerjakan tidak sesuai detail engineering desain (DED).

Ketua Komisi II DPRD Surakarta Y.F. Sukasno mendapati pipa IPAL terpasang tanpa diberi pasir di bawahnya sebagai landasan. Pasir tersebut berfungsi meminimalisasi pergerakan ekstrem tanah di sekitarnya yang berpotensi merusak pipa. Dia juga memastikan jika setiap pekerjaan IPAL harus ada pasir landasan.

“Ini jelas tidak ada pasirnya, bisa di cek DED pasti ada pasir di sini. Kalau seperti ini bahaya,” katanya.

Benar saja, setelah dibuka DED, semestinya pelaksana proyek memberi pasir terlebih dahulu. Tebal pasir juga telah ditentukan yakni 10 centimeter. Sukasno meminta pelaksana proyek untuk membongkar kembali pipa yang telah terpasang. Kemudian memberi pasir sebelum memasang kembali pipa IPAL.

“Pipa yang terpasang sudah sekitar 200 an meter. Saya minta konsultan pengawas untuk bertanggung jawab. Sebab, mereka yang digaji APBD untuk mengawasi proyek ini. Konsultan pengawas harus tahu, kalau pipa ini bocor yang keluar bukan air tapi tinja,” tegasnya.

Ditemui di lokasi, konsultan pengawas CV Athar, Pierre Tiffany mengaku kurang jeli dalam melakukan pengawasan. Area pengawasan yang terlalu luas menjadi salah satu alasan. Pihaknya berjanji akan melaksanakan apa yang diperintahkan anggota dewan untuk membongkar pipa yang terlanjur dipasang. “Akan segera dilaksanakan karena ini sudah mendapat teguran,” katanya. (irw/bun)

(rs/irw/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia