Minggu, 26 Jan 2020
radarsolo
icon featured
Solo

DPRD Solo Godok Pemekaran 3 Kelurahan: Pajang, Mojosongo, Jebres

05 Desember 2019, 11: 00: 59 WIB | editor : Perdana

Naskah akademik untuk pemekaran wilayah di Kelurahan Pajang telah selesai disusun

Naskah akademik untuk pemekaran wilayah di Kelurahan Pajang telah selesai disusun (DAMIANUS BRAM/RADAR SOLO)

Share this      

SOLO – Komisi I DPRD Kota Surakarta tengah menggodok rencana pemekaran tiga kelurahan di Kota Bengawan. Kesiapan infrastruktur dan kelengkapan administrasi menjadi tantangan paling besar.

Tiga kelurahan yang akan dimekarkan yakni Kelurahan Mojosongo, Jebres, dan Pajang. Ketua Komisi I DPRD Surakarta Suharsono menjelaskan, saat ini dewan tengah menunggu naskah akademik (NA) pemekaran Kelurahan Mojosongo dan Jebres. Khusus NA pemekaran Kelurahan Pajang diklaim sudah rampung.

“Yang harus dibahas adalah infrastruktur untuk kelurahan-kelurahan baru. Apakah memakai aset pemkot yang selama ini sudah ada atau membangun gedung kelurahan baru. Jika membangun baru, apakah pemkot punya aset yang memadai dan representatif? Ini yang sedang kita bahas,” katanya, Rabu (4/12).

Politisi PDI Perjuangan itu menegaskan, pembahasan infrastruktur kelurahan hasil pemekaran tidak dapat dilakukan secara cepat. Ada beberapa pertimbangan yang harus digunakan. Seperti posisi kantor kelurahan yang terjangkau oleh seluruh masyarakat, anggaran pembangunan, hingga penyediaan mebeler.

“Masalah lain yang juga penting adalah soal administrasi kependudukan. Belajar dari pemekaran kelurahan sebelumnya, urusan administrasi belum selesai. Masyarakat masih menggunakan suket (surat keterangan) sebagai KTP, yang itu di beberapa instansi tidak dapat digunakan, seperti perbankan,” jelasnya.

Suharsono berharap pemekaran tiga kelurahan tidak menimbulkan ekses yang merugikan masyarakat.  Pemkot diminta untuk menyiapkan seluruh perubahan administrasi kependudukan bersama dengan diresmikannya kelurahan pemekaran.

“Kami belum bisa memastikan kapan pemekaran ini direalisasikan. Kalau berkaca sebelumnya, proses pemekaran kira-kira butuh waktu dua hingga tiga tahun,” ucapnya.

Sebelumnya, Kepala Bagian Pemerintahan Sekretariat Daerah Surakarta Hendro Pramono menjelaskan, rencana pemekaran akan dilakukan di Kelurahan Jebres. Kelurahan yang dihuni 26 ribuan penduduk itu akan dimekarkan menjadi dua kelurahan, sedangkan Kelurahan Mojosongo bakal dimekarkan menjadi tiga kelurahan, dan Kelurahan Pajang akan dipecah menjadi dua kelurahan. (irw/wa) 

(rs/irw/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia